Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anand Krishna Tidak Bisa Menghipnotis

Kompas.com - 20/02/2010, 13:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Maya Safira selaku Ketua Yayasan Anand Ashram membantah pengakuan Tara Pradibta Laksmi (19) bahwa Anand telah melakukan pelecehan seksual kepada korban dalam keadaan terhipnotis. Menurut dia, Anand tidak mempunyai kemampuan menghipnotis.

"Beliau tidak bisa hipnotis, hanya memberikan latihan-latihan pemberdayaan diri," ucap Maya saat jumpa pers di Jakarta, Sabtu (20/2/2010). Ikut hadir kuasa hukum Anand, Darwin Aritonang, dan beberapa pengurus yayasan.

Sebelumnya, Tara mengaku bahwa Anand telah memeluk, meraba-raba bagian sensitif, dan menciumnya saat melakukan terapi. Ia mengaku diperlakukan tidak senonoh dalam keadaan tidak sadar atau terhipnotis saat memberikan meditasi secara privat di ruang khusus.

Maya mengatakan, dalam melakukan aktivitas, tidak ada ruang khusus di Anand Ashram. Pimpinannya juga tidak pernah memberikan kelas atau meditasi secara privat. Setiap kelas meditasi sifatnya group session yang dipandu oleh fasilitator. "Setiap ruang kelas dapat dimasuki oleh peserta meditasi tanpa kecuali," ungkapnya.

"Beliau sudah lima tahun terakhir tidak memberi latihan secara langsung, tapi melalui group session. Setiap treatment yang dilakukan tidak menggunakan ritual khusus," papar Maya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com