Selamat, Tim "BigBang" ITB Raih TSRA 2009!

Kompas.com - 24/02/2010, 12:56 WIB
Editorlatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkat Moses, Tim "BigBang" Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali meraih prestasi dengan memenangkan Tanoto Student Research Award (TSRA) 2009 yang disematkan pada 9 Januari 2010 lalu.

Tim "BigBang" yang terdiri dari lima mahasiswa anggota Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika ITB itu berhasil menyisihkan lima tim finalis lainnya yang juga dari ITB, yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika, Himpunan Mahasiswa Fisika, Himpunan Mahasiswa Biologi, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, serta Himpunan Mahasiswa Teknik Material.

Menurut dewan juri dari Tanoto Foundarion Ir Ratih S.A Loekito, pada penyelenggaraan TSRA 2009 yang bekerjasama dengan ITB ini, jumlah proposal penelitian yang masuk sebanyak 14 buah. Setelah melalui serangkaian penelitian dan dipresentasikan, dewan juri menetapkan 6 finalis dan dimenangkan oleh tim "BigBang" dengan penelitian yang dinamainya Moses atau Malaria Observation System and Endemic Surveillance.

Kepala Biro Kemahasiswaan ITB, Jaji S Satira, mengatakan, kemenangan tim "BigBang" di beberapa event internasional selama periode 2009 lalu dan TSRA 2009 diharapkan bisa menjadi motivasi bagi gairah riset dan penelitian di kalangan mahasiswa Indonesia umumnya, dan ITB khususnya.

Dengan ukiran prestasi tersebut, kata dia, langkah dan pemikiran mahasiswa ITB saat ini harus dikembalikan pada khitahnya, yaitu sebagai cendekiawan intelektual yang bukan semata hanya sibuk turun ke jalan dan berdemonstrasi.

"Hasilnya, saat ini semakin banyak mahasiswa himpunan yang membuat dan mengirimkan karya-karya ilmiahnya untuk ikut dilombakan. Jangan heran, pada pekan ilmiah mahasiswa nasional yang lalu jumlah proposal dari ITB bisa sampai 300," ujar Jaji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.