Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andien Sudah Temukan Jodohnya

Kompas.com - 27/02/2010, 00:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Andien sesumbar akan segera merilis album keempatnya pada awal Maret nanti. Pada album tersebut, Andien mengaku sudah menemukan jodohnya. Siapakah dia?

"Kebetulan nanti setelah Java Jazz (Jakarta International Java Jazz Festival 2010) aku bakal luncurin album yang lebih mature dan jauh lebih Andien banget," beber Andien, yang mengisi Kompas.com Music Corner di Plaza Semanggi, Jakarta, Kamis lalu (25/2/2010).

Bukan tanpa alasan jika pelantun "Sahabat Setia" itu mengultuskan album yang segera dirilisnya itu sebagai karya terbaiknya. "Karena sejak awal aku sudah memikirkan konsepnya. Ini adalah  album yang aku terlibat banget, karena kan yang pertama itu diproduseri Elfa Secioria, yang kedua Indra Lesmana, dan yang ketiga Tohpati waktu itu," ungkapnya.

Untuk mewujudkannya, Andien justru mendapuk dua produser musik muda yang membantunya berkarya. "Di (album) yang keempat ini sebenarnya aku tadinya agak keki untuk memilih siapa produsernya. Tadinya, aku pikir harus nama besar lagi buat mem-backup aku. Tapi, ternyata aku punya keinginan untuk membalik polanya. Aku ingin bekerja sama dengan teman-temanku," ujar Andien.

Dua nama lain pun didaulat oleh Andien untuk menjadi produser musiknya. "Aku kerja bareng  teman-temanku yang jadi produsernya. Nama mereka Nikita Dompas dan Rifka Rahman," jelas Andien. Lanjut Andien, "Nikita Dompas namanya sudah lumayan terkenal di bidang jazz, khususnya di Jakarta. Rifka kebetulan sudah lama berteman denganku dan ngebantuin di belakang layar," paparnya.

Ada alasan tersendiri dari Andien untuk memilih Nikita dan Rifka. "Kenapa aku pilih mereka jadi produserku, ini karena mereka sudah lama berteman dengaku, sejak SMP. Jadi, sedikit banyak mereka tahu karakterku, kemampuanku. Jadi, langsung nyetel. Aku sih ngerasa ketemu jodohnya," jelasnya lagi.

Dengan kedua produser musik tersebut, Andien mengaku nyaman. "Mereka berdua, karena temanku, jadi lebih banyak sharing sama aku. Mungkin, kalau orang yang senior gitu, mereka sudah punya konsep. Tapi, mereka (Nikita dan Rifka), yang ngajak aku dari awal. Jadi, aku ngikut semua prosesnya dari pagi sampai pagi lagi. Kami serius banget ngerjainnya mulai dari demo sampai akhirnya jadi albumnya," ungkapnya. "Buat aku, yang namanya musik butuh kenyamanan untuk menghasilkan musik yang baru dalam hal visi dan misi yang sama dan kenyamanan dalam pergaulan," sambungnya.

Eksperimen bermusik juga dilakukan oleh Andien dalam album terbarunya. "Banyak banget hal baru yang aku cobain di album ini di luar kebiasaan aku nyanyi. Mungkin orang akan sedikit kaget, karena orang tahunya aku smooth jazz. Tapi, karena aku dituntut sama dua orang ini untuk bisa lebih lagi, aku banyak cara baru yang memengaruhi aku nyanyi," ujarnya.

Paduani warna musik pun dicemplungkan oleh Andien dalam album tersebut. "Banyak unsur popnya, RB-nya, jazznya, tapi aku serahin lagi sama masyarakat yang menilai, tergantung barometer mereka," tutupnya. (C7-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com