Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lindungi Keluarga dari Racun Rumah

Kompas.com - 02/03/2010, 11:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rumah merupakan tempat berlindung. Namun, tanpa kita sadari, rumah juga menyimpan produk-produk berbahaya yang bisa menyebabkan keracunan. Produk ini jadi berbahaya jika digunakan tidak sesuai dengan kegunaannya.

Dalam catatan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM), banyak produk rumah tangga yang bisa menyebabkan keracunan yang bisa masuk melalui mulut, mata, pernapasan, dan kulit. Beberapa bahan yang berbahaya itu antara lain produk kimia rumah tangga, seperti obat pel dan pestisida pertanian sejenis obat nyamuk.

Untuk menghindari keracunan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya, menutup rapat semua produk kimia rumah tangga kemudian menyimpannya di tempat tertutup. Untuk menghindari kesalahan penggunaan, jangan menukar wadah asli dengan wadah lain.

Penggunaan produk ini pun tidak boleh sembarangan. Misalnya, untuk obat nyamuk, semprotkan obat tersebut satu jam sebelum ruangan digunakan. Ini dilakukan agar pestisida tidak banyak terhirup oleh anggota keluarga. (Sanny Cicilia Simbolon)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com