Lindungi Keluarga dari Racun Rumah

Kompas.com - 02/03/2010, 11:26 WIB
Editoracandra

JAKARTA, KOMPAS.com — Rumah merupakan tempat berlindung. Namun, tanpa kita sadari, rumah juga menyimpan produk-produk berbahaya yang bisa menyebabkan keracunan. Produk ini jadi berbahaya jika digunakan tidak sesuai dengan kegunaannya.

Dalam catatan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM), banyak produk rumah tangga yang bisa menyebabkan keracunan yang bisa masuk melalui mulut, mata, pernapasan, dan kulit. Beberapa bahan yang berbahaya itu antara lain produk kimia rumah tangga, seperti obat pel dan pestisida pertanian sejenis obat nyamuk.

Untuk menghindari keracunan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya, menutup rapat semua produk kimia rumah tangga kemudian menyimpannya di tempat tertutup. Untuk menghindari kesalahan penggunaan, jangan menukar wadah asli dengan wadah lain.

Penggunaan produk ini pun tidak boleh sembarangan. Misalnya, untuk obat nyamuk, semprotkan obat tersebut satu jam sebelum ruangan digunakan. Ini dilakukan agar pestisida tidak banyak terhirup oleh anggota keluarga. (Sanny Cicilia Simbolon)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.