Agar Makanan di Kulkas tak Beracun

Kompas.com - 02/03/2010, 11:44 WIB
Editoracandra

JAKARTA, KOMPAS.com — Agar bahan makanan lebih awet, kita jamak menyimpan bahan makanan dalam lemari pendingin alias kulkas. Semua ada di situ, mulai dari minuman, sayuran, buah, daging mentah, hingga lauk yang belum habis dikonsumsi.

Namun, tahukah Anda, isi lemari pendingin yang beraneka ragam ini bisa mengakibatkan segala zat bercampur hingga bahan makanan terkontaminasi dan menyebabkan keracunan.

Untuk menghindarinya, ada baiknya Anda mengatur letak makanan. Jangan sampai daging mentah atau jus menetes ke makanan lain. Membungkus rapat makanan dalam kulkas juga bisa menghindarkan diri atas terjadinya proses kontaminasi makanan.

Menyimpan makanan di kulkas sebenarnya memang bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman. Namun, bisa saja kuman menempel saat makanan tidak berada di dalam lemari pendingin, tetapi saat berada di luar.

Oleh karena itu, jika ingin menyantap makanan dari kulkas, biasakan memanaskannya terlebih dahulu. Selain itu, jangan konsumsi makanan atau minuman yang sudah keluar dari kulkas lebih dari dua jam tanpa proses pemanasan ulang. (Kontan/Sanny Cicilia Simbolon)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.