Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat untuk Dede Koswara Belum Ditemukan

Kompas.com - 04/03/2010, 21:39 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Tim Penanganan Dede Koswara RSHS, dr Rachmat Dinata SKK, menjelaskan, sampai saat ini, obat untuk mengatasi atau memperkuat daya tahan tubuh Dede terhadap Human Papiloma Virus (HPV) belum ditemukan.

"Jadi, operasi ini adalah penipisan kutil-kutil pada tangan dan kaki Dede untuk mempermudah Dede melakukan aktivitasnya. Soalnya, kutil- kutil itu mulai tumbuh pada bagian tangan dan kaki Dede. Jelas, itu mengganggu aktivitasnya," urai Rachmat, Kamis (4/3/2010).

Sebenarnya, ungkap Rachmat, Dede pernah mendapat beberapa obat. Misalnya, salem asam salisilat, kemudian acricetin, cidovovir, dan viusid powder. "Juga pernah ada obat yang kabarnya untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Tapi, ketika dikonsumsi, obat itu justru mengganggu kondisi ginjal Dede. Karenanya, obat itu kami stop," beber Rachmat.

Diperkirakan, cetus Rachmat, tidak kuatnya daya tahan tubuh Dede yang berakibat tubuhnya kembali ditumbuhi kutil, karena jumlah sel darah putih pria tersebut di bawah normal. "Kami belum tahu apa penyebab hal itu dapat terjadi," sambungnya. Rencananya, pekan depan, Dede jalani operasi ke-10. (Tribun Jabar/win)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com