Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Botox Usir Bau Ketiak dan Hilangkan Migrain

Kompas.com - 10/03/2010, 10:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyak orang yang kini suka melakukan suntik botox demi menghambat proses penuaan diri. Selain bisa menghilangkan kedutan, suntik botox ternyata juga bisa mengusir bau tak sedap dari ketiak.

Menurul Eddy Karta, dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, suntik botox memang bisa melumpuhkan kelenjar keringat. Akibatnya, ketiak juga tidak akan mengeluarkan keringat lagi. "Tidak ada keringat tentu akan menyebabkan bau badan hilang," kata Eddy.

Selain itu, Botox juga mampu menyembuhkan migrain atau sakit kepala sebelah. Bahkan, berbagai kontraksi otot yang tidak teratur bisa hilang karena botox. "Seperti kedutan, terkadang itu mengganggu konsentrasi. Tapi, dengan botox, kedutan bisa hilang," kata Eddy. Botox juga bisa menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada kaki. Namun, berbeda dengan di wajah, suntikan botox di kaki hanya mampu bertahan dua hingga tiga bulan.

Meski banyak manfaatnya, sebelum memutuskan suntik botox, Anda harus tahu efek lainnya. (Kontan/Adi Wikanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com