Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum BJ Habibie Dipadati Mahasiswa UI

Kompas.com - 12/03/2010, 11:20 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Kuliah umum yang diberikan oleh mantan Presiden BJ Habibie, Jumat (12/3/2010), dipadati oleh para mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang ingin mendengarkan langsung kuliah umum tersebut.

Para mahasiswa memenuhi ruangan dalam dan luar Balai Sidang UI di Depok, Jawa Barat. Akibat membeludaknya mahasiswa yang ingin mendengarkan kuliah tersebut, pihak panitia menyediakan dua buah televisi besar di halaman Balai Sidang. Kuliah dimulai pukul 09.00 WIB.

"Kenapa tidak di Balairung saja, kan lebih luas, jadi bisa ditampung semua," keluh Widya, mahasiswa Fakultas Teknik UI.

Dia mengatakan, kuliah yang diberikan oleh BJ Habibie patut untuk didengarkan oleh para mahasiswa. "Kami perlu mencontoh kiprahnya dalam mengembangkan teknologi," katanya.

Hal senada dikatakan oleh Henny, mahasiswa FISIP UI. Dia mengatakan, Habibie patut menjadi teladan bagi semua generasi penerus. "Pak Habibie merupakan kebanggaan bangsa Indonesia," katanya.

Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan, dalam visinya untuk membangun bangsa, Prof Dr Ing BJ Habibie yang merupakan sosok ilmuwan atau teknokrat kreatif dan inovatif kerap melakukan kajian dan penerapan praktis "filsafat teknologi" atau philosophy of technology.

Habibie, kata Vishnu, selalu mendalami bidang teknologi itu sendiri dan dikaitkan dengan "filsafat ilmu pengetahuan" atau philosophy of science, baik secara teoritis maupun praktis.

"Beliau sangat menaruh minat besar terhadap aspek kemasyarakatan dan aspek etis dari teknologi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com