Dokter Angkat 2,1 Kilogram Kutil Dede

Kompas.com - 12/03/2010, 14:12 WIB
EditorAbi

BANDUNG, KOMPAS.com — Tim dokter yang mengoperasi Dede berhasil mengangkat 2,1 kilogram kutil dari kedua tangan pria yang dijuluki si "manusia akar" itu dalam operasi kesembilan.
    
"Total kutil yang diangkat itu mencapai 2,4 kg. Dari tangan kanan kami berhasil mengangkat 1,4 kg dan tangan kiri 0,7 kg," kata Ketua Tim Operasi Dr Hardisiswoe Soedjana di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jumat (12/3/2010).
    
Ia menjelaskan, secara keseluruhan tim operasi tidak menemukan kendala dalam operasi kali itu. "Kami tidak menemukan kendala yang cukup berarti karena kami telah mengetahui keadaan Dede pada operasi sebelumnya," ujar Dr Hardisiwoe.
    
Proses operasi tersebut, kata Dr Hardisiswoe, berjalan sekitar tiga jam. "Operasinya berlangsung tiga jam. Jam 08.00 pagi masuk ruang operasi jam 11.00 selesai," katanya.
    
Ia mengatakan, proses operasi yang dilakukan kepada Dede sengaja dibuat tidak terlalu lama supaya kondisi Dede dapat cepat fit setelah menjalani operasi.
    
Ia menjelaskan, tujuan dilakukannya operasi tersebut ialah untuk kutil dan mengoptimalkan kembali fungsi tangan Dede.
    
Seusai menjalani operasi, Dede akan kembali diisolasi di Ruang Bougenville RSHS Bandung. Sebelum menjalani operasi, Dede dipindahkan oleh beberapa orang perawat beserta keluarganya dari Ruang RBB Bougenvile Kamar 11 menuju Ruang Operasi Lantai 3 Gedung RSHS Bandung, pukul 08.00.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.