Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Angkat 2,1 Kilogram Kutil Dede

Kompas.com - 12/03/2010, 14:12 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Tim dokter yang mengoperasi Dede berhasil mengangkat 2,1 kilogram kutil dari kedua tangan pria yang dijuluki si "manusia akar" itu dalam operasi kesembilan.
    
"Total kutil yang diangkat itu mencapai 2,4 kg. Dari tangan kanan kami berhasil mengangkat 1,4 kg dan tangan kiri 0,7 kg," kata Ketua Tim Operasi Dr Hardisiswoe Soedjana di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jumat (12/3/2010).
    
Ia menjelaskan, secara keseluruhan tim operasi tidak menemukan kendala dalam operasi kali itu. "Kami tidak menemukan kendala yang cukup berarti karena kami telah mengetahui keadaan Dede pada operasi sebelumnya," ujar Dr Hardisiwoe.
    
Proses operasi tersebut, kata Dr Hardisiswoe, berjalan sekitar tiga jam. "Operasinya berlangsung tiga jam. Jam 08.00 pagi masuk ruang operasi jam 11.00 selesai," katanya.
    
Ia mengatakan, proses operasi yang dilakukan kepada Dede sengaja dibuat tidak terlalu lama supaya kondisi Dede dapat cepat fit setelah menjalani operasi.
    
Ia menjelaskan, tujuan dilakukannya operasi tersebut ialah untuk kutil dan mengoptimalkan kembali fungsi tangan Dede.
    
Seusai menjalani operasi, Dede akan kembali diisolasi di Ruang Bougenville RSHS Bandung. Sebelum menjalani operasi, Dede dipindahkan oleh beberapa orang perawat beserta keluarganya dari Ruang RBB Bougenvile Kamar 11 menuju Ruang Operasi Lantai 3 Gedung RSHS Bandung, pukul 08.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com