Belum Ada Obat Efektif bagi Dede "Manusia Akar"

Kompas.com - 12/03/2010, 14:36 WIB
EditorAbi

BANDUNG, KOMPAS.com- Masih ingat Dede Koswara yang badannya penuh dengan kutil, sehingga dijuluki si Manusia Akar? Pengobatan untuk Dede membutuhkan metode pengobatan yang lebih efektif menyembuhkan penyakit Veruca Vulgaris atau kutil batu raksasa. Operasi hanya akan mengangkat kutil tapi tidak bisa mencegah pertumbuhannya.

"Harus ada metode lebih muktahir untuk menghentikan pertumbuhan kutil. Keadaan sebelum operasi sesi II sama seperti kedatangannya kesini setahun lalu," kata Ketua Tim Operasi Dede Hardi Siswo Sudjana seusai operasi sesi II di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jumat (12/3/2010).

Hardi mengakui, saat ini, belum ditemukan obat yang pas bagi penyakit Dede. Obat sebelumnya yang ditawarkan Dokter dari Amerika Serikat, Gaspari, terlalu kuat bagi ginjal Dede.

"Kami tim dokter operasi dan bagian penyakit dalam masih meneliti obat apa yang cocok bagi Dede. Selain itu, kerjasama dengan Dokter Gaspari juga masih terus dilakukan," kata Hardi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.