Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Lingkar Hitam dan Kulit Kendur di Sekitar Mata

Kompas.com - 12/03/2010, 15:29 WIB

KOMPAS.com - Genetik, usia, alergi, dan kekurangan tidur adalah penyebab-penyebab lingkar kehitaman di sekitar mata. Banyak krim yang mengklaim bisa mengatasi lingkar kehitaman di sekitar mata. Namun, tak semuanya bisa mengatasi problem tersebut karena penyebabnya bisa berbeda-beda di setiap orang. Perlu diusut apa penyebabnya, lalu diatasi dengan cara yang paling tepat.

Jika lingkar hitam di sekitar mata Anda adalah karena masalah vaskuler, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan menempatkan kepala Anda sedikit lebih tinggi dari dada Anda. Ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan menumpuknya darah di bawah mata. Di pagi hari, kompres dingin daerah tersebut selama 5 menit untuk memperkecil saluran darah di bawah mata. Jika memang sudah amat parah, coba gunakan krim mata yang mengandung kafein untuk memperkecil saluran darah pada mata.

Krim yang mengandung arnica juga bisa dijadikan alternatif. Bahan ini memiliki kemampuan antiperadangan yang bisa mengurangi lingkar hitam di sekitar mata. Kandungan lain, seperti teh hijau atau minyak biji anggur juga bisa membantu menguatkan dinding kapiler. Cara lain, bantu dengan asupan, misal dengan memakan dark chocolate yang kaya akan flavonol dan makanan kaya asam lemak omega-3, seperti salmon dan kacang walnut. Makanan-makanan dengan kandungan ini membantu memperbaiki aliran darah ke kulit.

Sementara untuk lingkar hitam di sekitar mata yang disebabkan oleh alergi, coba minum obat antihistamine sebelum alergi mulai membuat bayangan hitam di bawah mata. Jika ternyata yang jadi penyebab adalah kulit yang tipis, gunakan krim pembangun kolagen khusus daerah mata. Biasanya bahan yang digunakan adalah retinol, karena dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Namun, pastikan Anda mengkonsultasikan kepada dokter terlebih dulu. Langkah terakhir adalah krim yang mengandung vitamin C, yang dipercaya mampu mencerahkan warna kulit. Jangan lupa gunakan tabir surya di daerah wajah untuk menghindari kerusakan pada kulit.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan treatment khusus, seperti G7 Growth Factor. Treatment ini merupakan teknik perawatan baru untuk membantu mengatasi kantung mata akibat kulit mengendur. Saat ini, teknik yang tergolong baru ini baru dipraktekkan di klinik kecantikan Euroskinlab, Jakarta. Cara kerja treatment penyuntikan ini adalah dengan memasukkan serum khusus yang mengandung fibroblast alami sebagai penghasil kolagen di area yang diinginkan.

Di dalam jaringan kulit, fibroblast ini akan mengisi kekosongan yang ada di kantung mata sekaligus menghambat enzyme yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan kolagen. Proses inilah yang akan menghasilkan pertumbuhan kolagen secara maksimal di area kulit wajah sehingga kantung mata hilang. Pihak Euroskinlab mengklaim melalui treatment ini, pasien akan langsung melihat hasilnya dalam waktu 15 menit. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Euroskinlab di (021) 722 6466 atau (021) 4586 9788.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com