Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Anda Perlu Latihan Kekuatan

Kompas.com - 13/03/2010, 11:37 WIB

KOMPAS.com — Istilah "latihan kekuatan" lebih kurang bermakna serupa dengan latihan daya tahan dan latihan beban. Semua istilah tersebut menandai segala bentuk aktivitas yang menggunakan tenaga berlawanan (menggunakan weights, gravity, tube, machine, dan sebagainya) untuk membentuk otot, meningkatkan kekuatan, memelihara, dan meningkatkan jaringan otot.

Terlepas dari usia, jenis kelamin, atau target, setiap orang dapat memperoleh manfaat dari latihan daya tahan. Berikut adalah lima alasan utama Anda berlatih daya tahan:

Hidup yang bertenaga. Orang yang tidak pernah menjalani latihan akan kehilangan hingga 40 persen dari kekuatan total tubuhnya pada usia 65 tahun. Ini bukanlah konsekuensi dari proses penuaan alami, tetapi risiko yang harus ditanggung akibat menjalani hidup dengan bermalas-malasan. Untungnya, banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghindari hal ini terjadi.

Latihan daya tahan akan memberikan Anda kekuatan untuk melakukan banyak hal di kehidupan sehari-hari, mulai dari membuka tutup stoples yang keras, mengangkat anak Anda ke jok mobil, dan membawa banyak tas belanjaan dengan satu tangan. Bahkan meski Anda masih sanggup untuk berlari mengejar pesawat dari satu ujung airport ke ujung lainnya, tak ada artinya bila Anda tak sanggup membawa serta tas Anda.

Membangun tulang kuat. Otot kuat dan tulang kuat saling berkaitan. Semakin Anda latih daya tahan Anda, semakin banyak tekanan yang Anda berikan pada tulang. Ini merangsang peningkatan kepadatannya. Meningkatkan kepadatan tulang melalui latihan daya tahan akan membantu mengurangi resiko penyakit osteoporosis—penyakit yang melemahkan dan membuat rapuh tulang Anda.

Mencegah cedera. Otot-otot yang kuat dan sehat lebih tahan terhadap kemungkinan cedera dan mampu menstabilkan tubuh, membantu menghindari Anda dari kecerobohan yang mengakibatkan Anda jatuh atau terkilir. Latihan daya tahan memperbaiki keseimbangan tubuh, memperkuat otot-otot inti yang melindungi punggung Anda.

Daya tarik seksual. Latihan kardio akan membakar kalori, sedangkan latihan daya tahan akan membentuk dan memperkuat otot. Seorang pelari maraton mungkin akan sanggup berlari jauh, tetapi ia tak akan membuat mata-mata memandanginya saat berada di pantai. Latihan daya tahan membantu membentuk tubuh Anda, misalnya bila Anda memiliki pinggul lebar, Anda bisa berlatih untuk memperlebar pundak Anda dengan beberapa set latihan menggunakan shoulder press machine setiap minggu.

Meningkatkan metabolisme Anda. Latihan daya tahan membangun otot. Pembentukan otot merangsang peningkatan metabolisme Anda (jumlah kalori yang dibakar dalam sehari untuk menjalankan fungsi tubuh). Ketika tubuh Anda membakar kalori dengan lebih efisien, Anda akan merasakan lebih mudahnya menurunkan berat badan.

Sumber: Fitness First Bodyguide

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com