Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Kegunaan Baking Soda

Kompas.com - 18/03/2010, 13:07 WIB

KOMPAS.com — Baking soda ternyata bukan sekadar pengembang kue atau bubuk pemutih gigi. Baking soda juga punya beberapa manfaat lain yang tidak ada hubungannya dengan makanan. Ini kegunaannya:

1. Menghilangkan bau pada tangan
Habis mengulek kunyit, makan lauk dengan sambal terasi, atau kegiatan lainnya yang membuat tangan Anda berbau? Jangan khawatir. Baking soda ampuh mengusir bau.

Caranya: Ambil baking soda secukupnya. Basahi dengan air, kemudian gosokkan pada seluruh tangan selama 30 detik. Kemudian bilas dengan air.

2. Menghilangkan noda bekas hujan di kaca mobil
Sodium karbonat atau baking soda bersifat menetralisasi zat asam akibat air hujan. Bekas (titik) hujan pada kaca mobil atau jendela pasti amat mengganggu.

Caranya: Tidak perlu menggunakan cairan pembersih khusus. Cukup buat larutan dari baking soda. Celupkan kain pada larutan, gosok pada bagian bernoda hingga bersih.

3. Membersihkan sisir rambut
Sisir bergigi rapat memang sulit dibersihkan. Untuk membersihkannya, campur 1/2 mangkuk baking soda dengan air hangat, lalu rendam sisir dalam mangkuk tersebut selama 15 menit.

Cara ini ampuh untuk menghilangkan sisa lemak di sisir akibat hair gel, minyak, serum, dan sisa krim pelembab rambut.

4. Menghilangkan lemak pada perangkat memasak
Noda minyak yang lengket pada penggorengan, kompor, dan dinding dapur, jika dibiarkan akan terus menumpuk dan makin sulit dibersihkan.

Untuk membersihkan, buat larutan kental dari baking soda, gunakan spons atau kain lap (kering tanpa dibasahi) untuk menggosokkan baking soda pada bagian yang berlemak.

5. Mengangkat lapisan kulit mati
Ingin punya kulit mengilap? Mudah saja, campurkan satu sendok teh baking soda dengan air. Buat hingga larutan memiliki kekentalan mirip sabun cuci muka. Gosokkan pada wajah selama 30 detik (seperti saat Anda menggunakan sabun pencuci muka). Bilas dan beri krim pelembab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com