Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Ahli Hipnotis dan Pencuri Brankas

Kompas.com - 18/03/2010, 18:03 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Unit Opsnal IV Direktorat Reserse dan Kriminal (Ditreskrim) Polda Sulselbar meringkus spesialis pencuri brankas yang menggunakan modus hipnotis saat beraksi.

"Sejak kasus perampokan kantor Cabang Pembantu (Capem) Bank BRI Sudiang dan PT Tempo, seluruh anggota terkait sudah mempelajari kasus dan ciri-ciri pelakunya. Diduga lelaki yang ditangkap ini mempunyai kemiripan," kata Kanit Opsnal IV Direskrim Polda Sulselbar Kompol Syamsu Arib di Makassar, Kamis (18/3/2010).

Ia mengatakan, lelaki pengangguran berinisial Ad alias Haji (45) itu ditangkap di kediamannya, di Perumahan Cendana Carangking, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Penangkapan dilakukan karena Ad diduga adalah pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) yang telah melakukan pembongkaran brankas sejumlah perkantoran di Makassar.

Ad juga diduga kuat terlibat kasus perampokan perusahaan PT Tempo Group yang terjadi Februari 2010 lalu.

"Ciri-ciri Ad alias Haji mirip dengan pelaku pencurian brankas di PT Tempo Group Jalan Ir Sutami dan BRI Cabang Pembantu Sudiang," katanya.

Berdasarkan hasil interogasi awal, mantan Kasat Reskrim Polres Maros itu mengaku jika pelaku menyangkal semua tuduhan yang disangkakan kepadanya terkait beberapa aksi perampokan sejumlah perkantoran di Makassar.

Pelaku hanya mengaku jika dirinya bersama rekannya yang lain sering melakukan aksi hipnotis di beberapa tempat di Kota Makassar.

"Dari hasil interogasi terhadap pelaku, ada enam TKP di wilayah Polwiltabes Makassar dengan modus hipnotis," katanya.

Adapun tempat kejadian perkara (TKP) aksi hipnotis pelaku yakni Pasar Butung Jalan Sulawesi berhasil menggondol uang Rp 5 juta (dua kali beraksi), Jalan Ahmad Yani Rp 5 juta, Jalan Perintis Kemerdekaan Km 15 sebanyak Rp 7 juta, dan Pasar Sentral Rp 600.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com