Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuku Kaki Kuning dan Kusam

Kompas.com - 20/03/2010, 10:16 WIB

KOMPAS.com - "Kuku kaki saya terlihat kuning dan kusam. Apa penyebabnya, dan bagaimana mengatasinya?" (Email dari Monica)

Menurut dr Dewi Inong Irana, SpKK, dokter spesialis kulit dari RSIA Permata Cibubur, warna kuku yang kuning dan kusam bisa dipicu banyak faktor. Misalnya, jamur, eksim, atau alergi terhadap bahan pembersih seperti sabun, serta pemakaian air tanah yang kualitasnya buruk. Warna kuku yang tak indah ini juga bisa berkaitan degnan penyakit yang sedang diderita, seperti diabetes, penyumbatan darah di lengan, dan gangguan paru-paru. Selain itu, konsumsi obat tertentu dan kebiasaan merokok juga bisa jadi pemicu.

Untuk mengatasinya, kita perlu bertolak dari faktor penyebabnya. Kalau kualitas air yang buruk jadi permasalahan, dapatkan sumber air yang benar-benar bersih untuk mandi atau mencuci tangan dan kaki. Biasakan juga mencuci piring atau pun benda lainnya dengan menggunakan sarung tangan. Aplikasikan produk perawatan kulit yang pH-nya seimbang dan rutinlah mengenakan pelembap khusus untuk tangan dan kuku.

Selain itu, cukupi kebutuhan tubuh dalam mengonsumsi vitamin B Biotin yang bisa didapat dari kedelai, sayuran, dan susu. Untuk perawatan yang lebih detail dan spesifik, dan bila keluhan berlanjut, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis tangan dan kuku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com