Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Anak di Sajira Terjangkit Campak

Kompas.com - 21/03/2010, 02:57 WIB

Lebak, Kompas - Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menyatakan, wilayah Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, berada pada kondisi kejadian luar biasa campak. Hal itu menyusul banyaknya warga setempat yang terjangkit penyakit tersebut. Total jumlah penderita campak di Sajira dalam tiga bulan terakhir sebanyak 55 anak usia satu hingga empat tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Lebak M Sukirman di Lebak, Jumat (19/3), mengatakan, mereka berusaha mengatasi kejadian luar biasa (KLB) itu, termasuk menjalankan imunisasi selektif di daerah yang terjangkit campak dan desa sekitarnya. ”Kami mencegah kasus campak di Margaluyu meluas,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Lebak, kasus terakhir campak terjadi tahun 2006. Pada Desember 2009 ada satu kasus campak di Margaluyu, Kecamatan Sajira. Jumlah penderita campak di Sajira terus meningkat. Januari 2010 ada 10 penderita, Februari 25 orang, dan Maret 29 orang. Penyebab penyakit itu adalah virus paramyxoviridae.

Selain imunisasi selektif bagi anak usia 6 bulan hingga 5 tahun yang belum pernah diimunisasi atau belum pernah menderita campak, Dinas Kesehatan Lebak juga memberikan pengobatan bagi para penderita untuk mengatasi KLB campak di Sajira.

”Jika ada komplikasi seperti pneumonia, kami memberi antibiotik,” kata Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyakit, dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Lebak Sri Agustina. Dia mengimbau warga segera membawa anggota keluarganya berobat jika ada gejala campak, seperti suhu tubuh naik hingga 38 derajat celsius.

(CAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com