Faktor yang Memicu Risiko Osteoporosis

Kompas.com - 27/03/2010, 18:50 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Seperti telah disebutkan dalam artikel sebelumnya, SEAMEO TROPMED Regional Center for Community Nutrition, Universitas Indonesia, dan University of Otago, Selandia Baru, mendapati bahwa sebagian besar perempuan Indonesia hanya mengonsumsi 270-500 miligram kalsium setiap hari. Padahal kebutuhan kalsium harian perempuan usia 19-50 tahun adalah 1000 miligram. Tidak mengherankan bila dua dari lima perempuan Indonesia berisiko terkena osteoporosis.

Kurangnya kalsium ini diperparah dengan gaya hidup seseorang. Kurang berolahraga, kebiasaan merokok, minum kopi, alkohol, minuman berkola, serta kurang istirahat, dapat menjadi faktor risiko osteoporosis pada diri seseorang. Selain itu, ada faktor-faktor bawaan pada diri seseorang yang dapat memicu osteoporosis, yaitu genetik, suku bangsa, usia, jenis kelamin, menopause, dan tinggi badan.

Jika faktor bawaan ini sifatnya tidak dapat diubah, faktor-faktor yang berkaitan dengan gaya hidup tadi masih dapat diperbaiki. "Olahraga selama 30 menit saja, tiga kali seminggu, itu sudah membantu. Olahraga juga membantu agar kalsium dapat diserap tubuh lebih baik," papar dr Tria Rosemiarti, Medical & PR Manager PT Fonterra Brands Indonesia dalam talk show bersama Anlene One-a-Day di Cilandak Town Square, Sabtu (27/3/2010).

Olahraga yang dilakukan di udara terbuka pada pagi hari akan lebih baik. Paparan sinar matahari pagi akan membuat tubuh memproduksi vitamin D, yang juga membantu penyerapan kalsium dan regenerasi pada tulang.

"Berjemurlah 10 menit saja, antara pukul 06.00 hingga pukul 09.00. Enggak usah pakai losion, dan yang berkerudung bisa melepas kerudungnya sebentar," ujar Soraya Haque, mantan model dan pembawa acara Healthy Life di Metro TV yang turut hadir pada acara tersebut.

Karena osteoporosis merupakan silent disease, alias penyakit yang tidak menunjukkan gejala, Anda tak pernah tahu apakah kondisi tulang Anda sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Karena itu, terapkan kebiasaan baik ini mulai dari sekarang!

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.