Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Garut Berkelamin Ganda Dibiarkan Saja

Kompas.com - 04/04/2010, 18:01 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Keluarga anak yang diduga memiliki kelamin ganda asal Garut, Risman Saeful Hidayat (13), mengaku terkendala biaya dalam pengobatan. "Kami pasrah dengan keadaan Risman, mau dibawa lagi berobat ke RSHS Bandung, biaya tidak ada," kata kakak kandung Risman, Lia Kartika (30), ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Minggu (4/4/2010).

Lia menjelaskan, Risman terakhir di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung sejak 2009. "Waktu itu hanya di USG dan diminta kembali lagi setahun kemudian. Alasan dipulangkan juga tidak jelas," ujar Lia.

Risman Saeful Hifayat ialah anak warga Desa Kertajaya Kampung Naska RT 01 RW 07 Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. Kejanggalan jenis kelamin Risman diketahui setelah satu hari Risman dilahirkan.

"Waktu dilahirkan, jenis kelamin adik saya perempuan, keluarga juga ngasih nama perempuan, Jenny. Tapi, besoknya, di bagian kemaluan adik saya tumbuh benjolan yang menyerupai kelamin laki-laki," kata Lia.

Saat ini, karena sering menjadi bahan olok-olok teman sebayanya, Risman tidak berani untuk sekolah. "Sekolahnya cuma sampai kelas satu SD. Dia (Risman) malu suka jadi bahan olok-olokan temannya di SD. Jadi, dia nggak mau sekolah sampai sekarang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com