Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Si Kecil Mudah Bangun Pagi

Kompas.com - 09/04/2010, 11:17 WIB

KOMPAS.com - Salah satu rutinitas pagi hari yang cukup membuat Anda frustrasi adalah saat membangunkan si kecil. Saking sulitnya dibangunkan, si kecil sering terlambat masuk sekolah karenanya. Anda tak perlu langsung murka karenanya. Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda atau suami Anda juga memiliki kesulitan tersebut waktu kecil?

Namun, ada beberapa cara untuk membuat si kecil lebih mudah bangun di pagi hari.

1. Amati kebiasaan tidurnya
Bila si kecil sulit bangun pagi, kemungkinan ia juga butuh waktu lama untuk tertidur. Tanyakan pada si kecil, apa yang membuatnya susah tidur. Pastikan anak tidak minum minuman yang mengandung kafein pada sore hari.

2. Pastikan ia bisa tidur lelap
Jika anak tidak memiliki masalah untuk tidur, kemungkinan ia memang butuh waktu lebih banyak untuk tidur. Setiap orang berbeda; mungkin si kecil akan bangun lebih mudah pada pagi jika ia tidur satu atau dua jam lebih lama. Namun, membuat anak tidur lebih cepat juga merupakan tantangan besar untuk Anda!

3. Gunakan metode yang berbeda-beda untuk membangunkannya
Tidak semua anak merespons metode yang sama. Ada yang langsung terbangun ketika Anda menyalakan lampu di kamarnya. Ada yang hanya perlu disentuh sedikit sambil dipanggil namanya. Namun ada juga yang harus diguncang-guncang, bahkan didudukkan sambil sedikit diseret keluar. Cari cara terbaik dan cocok untuk si kecil.

4. Siapkan sarapan kesukaannya
Anda mungkin akan langsung terbangun bila mencium aroma kopi dan roti bakar berisi keju. Untuk si kecil, mungkin Anda bisa menyiapkan makanan kesukaannya yang menimbulkan aroma yang dahsyat. Entah itu nasi goreng dengan telur ceplok, atau roti dan sosis goreng. Biarkan pintu kamarnya terbuka agar ia bisa mencium aromanya.

5. Biasakan si kecil bangun sendiri
Membiasakannya bangun sendiri memang akan sulit, karena itu Anda perlu bersabar dalam mendorong anak melakukannya. Namun Anda harus melalui tahapan ini, karena jika tidak, anak akan kesulitan membangunkan dirinya sendiri hingga dewasa nanti. Dengan mengajak anak belajar bangun sendiri, secara tak langsung Anda juga mempersiapkannya menghadapi dunia nyata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com