Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wortel, Paling Baik Direbus

Kompas.com - 12/04/2010, 15:52 WIB

Kompas.com - Wortel adalah sumber terbaik vitamin C dan karoten, salah satu jenis antioksidan yang termasuk juga beta karoten. Keduanya memberi kontribusi penting bagi kesehatan mata kita. Plus, bisa mengurangi risiko serangan jantung serta beberapa jenis kanker.

Menurut studi terbaru yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry, merebus wortel akan membuat kandungan karotenoidnya 14 persen lebih tinggi. Pasalnya, serat-serat yang ada di dinding sel sebatang wortel cenderung mengingat karotenoid. Saat dipanaskan, senyawa itu akan terlepas sehingga saluran pencernaan kita lebih mudah 'menangkapnya'.

Studi tersebut juga menemukan, level antioksidan pada wortel terlihat meningkat setelah direbus, sedangkan kandungan vitamin C-nya berkurang sedikit. Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam melawan radikal bebas.

Untuk mempertahankan warna asli woertel, bubuhkan sedikit garam. Atau, teteskan sedikit minyak zaitun atau canola pada wortel yang sudah direbus. Lemak dari minyak akan membantu tubuh menyerap lebih banyak beta-karoten dari wortel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com