Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meredakan Iritasi Usai Waxing

Kompas.com - 14/04/2010, 16:49 WIB

KOMPAS.com - Pilihan cara untuk mencabut atau merapikan bulu pada bagian tubuh tertentu bisa beragam, termasuk risikonya. Waxing bisa menjadi salah satu pilihannya, yakni metode menghilangkan bulu dengan cara mencabutnya dengan lilin panas (wax).

Yang perlu Anda ketahui, iritasi yang ditandai kulit kemerahan bisa menjadi efek setelah mencabut bulu. Hal ini bisa disebabkan oleh teknik yang tidak tepat saat menarik bulu dari akarnya.

Lydia Evans, seorang dermatologist, mengungkapkan bahwa bulu atau rambut tebal yang sulit dicabut bisa menyebabkan kemerahan pada area tempat tumbuhnya, seperti ketiak. Titik halus seperti alis, juga rawan iritasi.

Untuk menghindari iritasi setelah waxing, terapkan cara berikut ini:

* Oleskan 1 persen krim hidrokortison untuk area bulu tebal, seperti ketiak. Krim ini berfungsi meredakan radang, mengatasi gatal, dan mengurangi kemerahan.

* Oleskan sedikit saja krim hidrokortison, seukuran kacang polong, pada bagian kemerahan di area bulu halus seperti alis.

* Jangan lakukan waxing dalam tiga hari pertama masa haid. Pada masa ini, kulit cenderung lebih sensitif sehingga lebih mudah terkena iritasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com