Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Rambut Beckham Selamatkan Bocah Ini

Kompas.com - 22/04/2010, 12:15 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Mungkin tak semua setuju kalau gaya potongan rambut "mohawk" yang pernah dipopulerkan David Beckham cocok buat anak-anak. Namun, percaya atau tidak, gaya rambut ini ternyata menjadi penyelamat hidup seorang bocah di Inggris yang berusia tiga tahun. 

Orangtua Maddox Tallowin sangat beruntung ketika rambut anaknya dicukur mirip rambut gaya Beckham karena tak lama kemudian buah hatinya itu ketahuan mengidap leukemia. Ketika tukang cukur rampung memangkas rambut anak tersebut, mereka terkejut karena menemukan benjolan mencurigakan di bagian belakang kepala.

Ayah Maddox, Ben Tallowin (32), dan ibunya, Barbie (33), kemudian membawa anaknya ke RS Addenbrooke di Cambridge, di mana dokter kemudian memberitahukan bahwa benjolan tersebut adalah tanda penyakit leukemia.

"Sungguh sangat beruntung kami menemukannya. Maddox meminta potongan rambut mohawk. Dia punya mata biru yang besar dan rambut yang pirang. Dia sendiri yang menginginkan potongan rambut itu sejak beberapa bulan lalu.

"Ketika kami menyentuh bagian rambut mohawk-nya, ada benjolan-benjolan pada bagian leher dekat ujung kepala. Rasanya ada yang tidak beres, jadi kami membawanya ke dokter," ungkap Ben Tallowin.

Keanehan pada kepala Maddox itu ditemukan pada 14 Oktober tahun lalu dan sejak itu anak berusia tiga tahun ini selalu lekat dengan tabung infus dan kemoterapi untuk mengatasi kanker darah yang diidapnya.

Maddox sempat menghabiskan waktu empat bulan menjalani perawatan di RS Addenbrooke. Ia bahkan harus merayakan Natal dan ultahnya yang ketiga di rumah sakit sebelum akhirnya diizinkan dirawat di rumah.

"Saya merasa sangat beruntung dapat menemukannya. Dokter mengatakan, sering kali penyakit ini tidak terdiagnosis hingga anak mengalami kesakitan. Maddox tidak sedang sakit pada saat itu, jadi kami dapat menemukannya lebih awal," ungkap Ben Tallowin yang sehar-hari sebagai sopir taksi.

Leukemia adalah jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang. Jenis kanker ini paling banyak menimpa anak-anak di negara industri. Di Inggris, satu dari 2.000 anak menderita penyakit ini. Sebagian besar pasien leukemia menjalani kemoterapi, yaitu jenis pengobatan dengan menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel leukemia.

Gejala yang perlu diwaspadai dan sering ditemukan pada leukemia, antara lain, adalah pucat, demam, dan pendarahan yang tak jelas penyebabnya, nyeri tulang, serta pembengkakan perut. Umumnya, kanker pada anak tidak mudah dikenali secara dini. Salah satu penyebabnya, pada tahap awal, penderita jarang menunjukkan keluhan ataupun gejala yang mudah dilihat oleh orangtuanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com