Folat Bukan Cuma untuk Ibu Hamil

Kompas.com - 03/05/2010, 10:39 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Kata "folat" tampaknya identik dengan ibu hamil. Padahal, folat sebenarnya diperlukan oleh semua orang.

Folat, yang merupakan bentuk vitamin B yang larut dalam air ini, dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan. Ia membantu menumbuhkan sel-sel baru, sehingga terutama memang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayinya. Pada ibu hamil, folat diperlukan untuk membantu mengurangi risiko cacat pada otak dan saraf tulang belakang pada bayi.

Meskipun demikian, anak-anak, remaja, pria, dan orang lanjut usia juga butuh asupan folat yang cukup, karena pada dasarnya semua orang akan membuat sel-sel baru setiap hari. Folat dibutuhkan untuk membuat sel-sel darah merah yang sehat. Jika asupan folat Anda kurang, sel-sel darah merah tidak dapat membelah dengan sempurna, yang dapat menyebabkan anemia.

Berapa asupan folat yang dibutuhkan oleh manusia sesuai umurnya?
* Bayi 0-6 bulan: 65 mikrogram/hari, 7-12 bulan: 80  mikrogram/hari
* Anak 1-3 tahun: 150-300  mikrogram/hari, 4-8 tahun: 200-400  mikrogram/hari
* Pria 14-18 tahun: 400-800  mikrogram/hari, 19-70 tahun: 400-1000 mikrogram/hari
* Perempuan 14-18 tahun: 400-800  mikrogram/hari, 19-70 tahun: 400-1000  mikrogram/hari
* Ibu hamil, 600-1000  mikrogram/hari
* Ibu menyusui, 500-1000  mikrogram/hari
Sumber: Dietary Reference Intakes

Semua perempuan usia produktif membutuhkan 400 mikrogram (0,4 miligram/mg) atau asam folat setiap hari. Itu berarti, remaja perempuan yang tubuhnya mulai berubah juga butuh asam folat (bentuk vitamin sintetis dari folat) untuk mempersiapkan diri menjadi ibu suatu hari nanti.

Manfaat lain folat
Penelitian menunjukkan bahwa asam folat bisa membantu mengurangi risiko cacat lahir lainnya, seperti jantung, wajah, saluran kemih, dan anggota tubuh lainnya. Folat juga membantu menurunkan risiko beberapa kondisi dan penyakit seperti:

* Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan stroke.
* Beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker serviks.
* Penyakit yang mempengaruhi fungsi otak dan mental seperti Alzheimer, demensia, dan depresi.
* Manfaat folat juga terlihat pada perempuan yang memiliki faktor risiko untuk penyakit, seperti riwayat keluarga (kanker payudara), asupan alkohol yang tinggi (kanker payudara), atau infeksi HPV (kanker serviks).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.