Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur Nyenyak, Kunci Panjang Umur

Kompas.com - 03/05/2010, 18:43 WIB

KOMPAS.com - Kita selalu disarankan untuk tidur selama 6-8 jam sehari, tetapi banyak dari kita yang tak mampu memenuhinya. Padahal, mereka yang tidur sesuai waktu yang disarankan tersebut cenderung berumur lebih panjang, dan lebih sehat.

Waktu tidur yang paling lama adalah sekitar 7 jam, dan inilah penemuan para peneliti dari kebanyakan orang Inggris. Penemuan ini menunjukkan bukti yang paling meyakinkan mengenai kaitan antara kurangnya waktu tidur dengan meningkatnya risiko kematian dini.

Sekitar sepertiga dari populasi orang dewasa di Inggris rata-rata tidur selama 5 jam atau kurang pada malam hari. Padahal, para peneliti dari University of Warwick dan Federico II University di Napoli, Italia, mempelajari bahwa 12 persen orang yang kekurangan tidur cenderung akan mengalami kematian prematur dibandingkan mereka yang tidur 6-8 jam sehari. Namun, kelebihan tidur juga tidak baik.

Mereka yang terbiasa tidur lebih dari 9 jam sehari tidak akan dengan sendirinya meningkatkan risiko kematian, tetapi bisa menjadi penanda akan adanya penyakit yang mendasar. Sayang, tak dijelaskan apa penyakit yang bakal membayangi orang-orang yang senang tidur berlebihan ini.

Penemuan yang dipublikasikan di jurnal Sleep ini ternyata bertepatan dengan dirilisnya studi dari Amerika yang mendapati bahwa orang-orang lanjut usia ternyata cenderung tidur lebih nyenyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com