Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamu Akan Diakui sebagai Pusaka Dunia

Kompas.com - 10/05/2010, 04:16 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Menyusul batik, keris, dan gamelan, jamu atau obat-obatan tradisional Indonesia tengah diupayakan mendapat pengakuan sebagai pusaka dunia atau world heritage dari UNESCO. Salah satu produk unggulannya adalah berbagai ramuan berbahan dasar temulawak.

Hal ini diungkapkan Deputi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Bidang Koordinasi Kependudukan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup Emil Agustiono dalam seminar nasional ”Terapi Medis Berbasis Herbal” di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Sabtu (8/5).

”Temulawak sebagai bahan produk jamu unggulan Indonesia akan dijadikan setara dengan ginseng dari Korea yang dikenal khasiatnya ke mana-mana,” tutur Emil Agus.

Emil Agus mengatakan, pengajuan pendaftaran jamu untuk ditetapkan sebagai pusaka dunia sudah dilakukan sejak 2008.

Hal ini seiring dengan program Jamu Milik Indonesia (Jamu Brand Indonesia) yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono awal tahun 2008.

Saat ini sejumlah upaya tengah dilakukan untuk memperoleh pengakuan internasional. Pengakuan itu, di antaranya, adalah meningkatkan penelitian pemanfaatan jamu, sosialisasi kepada masyarakat akan penggunaan jamu, dan perlindungan kepada para petani tanaman obat-obatan.

Menurut Emil Agus, perlindungan kepada petani tanaman obat-obatan penting guna menjamin ketersediaan bahan baku. Selama ini bahan baku jamu sulit diperoleh karena semakin sedikit dibudidayakan. Sejumlah varietas unggul bahan baku jamu yang terus didorong pembudidayaannya di antaranya jahe besar Cimanggu 1, kunyit Turina 1, 2, 3, kencur Galesia 1,2,3, serta jahe merah Jahira 1, 2, 3.

Emil mengakui, penggunaan jamu sebagai obat untuk penyembuhan masih kalah dari obat-obatan kimiawi. Namun, penggunaan dan pengembangan jamu masih sangat luas di masyarakat. ”Tetapi, penggunaan jamu lebih banyak sebagai pencegah sakit, bukan obat penyembuh,” ujarnya.

Pengakuan jamu di tingkat internasional akan membuat pengembangan dan pelestarian jamu lebih mudah dilakukan.

Direktur Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta, Budi Mulyono mengatakan, pengembangan obat herbal dan jamu penting untuk mengantisipasi persaingan global di bidang kesehatan.

Pengembangan obat-obatan herbal asli Indonesia diharapkan dapat mencegah serbuan obat- obatan dari asing. ”Kita perlu mengantisipasi persaingan global ini dengan memanfaatkan potensi kita sendiri,” ujarnya.

Pengembangan jamu dan obat herbal yang terpenting adalah guna mencapai standar keamanannya di bidang kesehatan. (IRE)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com