Anak Gemuk Cenderung "Ngorok"

Kompas.com - 10/05/2010, 16:04 WIB
Editoracandra

KOMPAS.com — Anak-anak dengan badan yang montok mungkin terlihat menggemaskan. Namun, ada gangguan kesehatan yang mengintai mereka, termasuk gangguan tidur. Dibanding anak yang bobot tubuhnya normal, anak yang kegemukan lebih sering mendengkur.

Tim peneliti dari Italia membandingkan 44 anak yang menderita habitual snoring (sering mendengkur) dengan 138 anak yang terkadang mendengkur (occasional snoring) dan 627 anak yang tidak pernah mendengkur. Dari semua responden, 64 anak termasuk obesitas, 121 kegemukan, dan 624 anak memiliki berat badan normal.

Insiden mendengkur pada anak yang obesitas 12,5 persen atau dua kali lebih tinggi dibanding anak yang kegemukan (5,8 persen) dan tiga kali lebih tinggi dibanding anak yang berat badannya normal (4,6 persen). Selain itu, anak yang obesitas juga berisiko dua kali lebih besar mengalami dengkur tingkat lanjut (obstructive sleep apnea) atau berhenti bernapas sejenak akibat jalan napas tersumbat.

Apabila tidak diatasi, henti napas dan mendengkur bisa mengganggu tumbuh kembang anak dan menimbulkan gangguan pada pembuluh darah. Pada anak, jika mendengkur tidak tertangani dengan baik, juga bisa membuat mereka mengantuk di sekolah dan hiperaktif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.