Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Kendalikan Hasrat "Ngemil"

Kompas.com - 15/05/2010, 12:31 WIB

KOMPAS.com - Keinginan mengudap sulit ditahan? Sudah saatnya menerapkan strategi makan 3-kali-sehari yang cermat!

Untuk Sarapan: Telur orak-arik dan susu bisa jadi pilihan yang baik. Peneliti University of Connecticut mengatakan, kita akan merasakan perbedaan signifikan bila mengganti roti dengan telur untuk makan pagi. Kalori yang masuk ke tubuh lebih sedikit, tapi kenyangnya terasa lebih lama. Begitu juga jika kita minum 2,5 cangkir susu bebas lemak. Nafsu makan di siang hari turun dan kebutuhan kalori juga lebih rendah dari biasanya. Riset ini dimuat di American Journal of Clinical Nutrition.

Untuk Makan Siang: Hilangkan atau kurangi porsi nasi. Biasakan untuk berhenti makan sebelum kenyang. Plus, ganti camilan kerupuk dengan buah. Otomatis, asupan karbohidrat akan berkurang. Menurut riset University of Alabama di Birmingham, pengurangan 55 persen asupan kalori dari karbohidrat menjadi 43 persen akan mendorong rasa kenyang bertahan lebih lama. Akibatnya, hasrat untuk makan atau mengudap jadi berkurang.

Untuk Makan Malam: Tambahkan minyak zaitun dan buah alpukat pada menu. Sering mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal ataupun lemak tak jenuh ganda di kala malam, bisa membuat kita senantiasa kenyang. Demikian menurut para peneliti dari University of California di Irvine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com