Perhatikan Sikap Duduk Anda

Kompas.com - 18/05/2010, 12:31 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Sering merasa nyeri pada bagian pinggang, punggung, atau leher? Coba perhatikan posisi duduk Anda, bisa jadi penyebab rasa nyeri ada di sana.

Drew DeMann, seorang spesialis tulang dari New York City, menyatakan postur tubuh yang salah akan sering memberikan gangguan pada kesehatan wanita ketimbang pria. Dan sayangnya, kita kerap lupa menjaga postur tubuh kita, terutama ketika duduk. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki postur duduk Anda.

Ketika diharuskan duduk sepanjang hari di kantor
Bagi para pekerja kantoran, duduk di depan komputer selama 8 jam setiap hari adalah hal yang biasa. Tetapi akan menjadi masalah ketika kita mulai lupa dengan posisi duduk kita yang benar, seperti  terlalu merosot ke bawah, terlalu maju ke depan, lupa berdiri atau lupa meluruskan kaki, sehingga pada akhirnya membuat punggung dan pinggang kita menjadi nyeri.

Perbaiki dengan:
1. Sandarkan bahu dan punggung atas kita pada kursi dengan cara memutar bahu ke belakang dan turunkan. Lalu, tarik otot perut agak ke dalam, angkat ke atas dan atur sandaran kursi agar tidak condong ke belakang.

2. Supaya lengan dan otot bahu tidak cepat lelah, aturlah sandaran tangan agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ketika mengetik, pastikan posisi lengan atas membentuk sudut 90 derajat dengan lengan bawah.

3. Atur ketinggian kursi kita agar telapak kaki bisa menempel pada lantai dan membentuk sudut 90 derajat dengan paha. Supaya badan bagian atas tidak membungkuk, hindari melakukan penyilangan kaki ketika duduk. Kalau sudah menjadi kebiasaan, siasati dengan mengganti kaki sesering mungkin.

4. Letakkan layar komputer sejajar dengan pandangan mata kita. Bagi pengguna laptop, ganjal laptop kita dengan menggunakan beberapa buku. Lalu, gerakkan tubuh kita mengikuti gerakan mata.

5. Ambil waktu peregangan setiap 20-30 menit sekali. Hindari memilih bangku yang terlampau empuk, sebab kursi jenis ini akan membuat kita tubuh kita secara tidak sadar akan membungkuk.

Ketika diharuskan duduk lama di mobil karena macet
Semua sepakat menyetir mobil dalam kemacetan dapat membuat mata, tubuh, dan pikiran kita menjadi lelah. Maka jangan heran jika nantinya punggung dan leher kita sering terasa nyeri setelah melakukan perjalanan selama berjam-jam akibat posisi duduk yang tidak benar.

Perbaiki dengan:
1. Atur kemiringan jok pada sudut 20-25 derajat. Biasanya pengemudi wanita cenderung mengambil posisi duduk yang terlalu dekat dengan kemudi dan hal ini sangat berbahaya ketika terjadi kecelakaan. Agar tetap aman, pegang setir mobil dengan letakkan tangan kanan pada posisi pukul 3 dan tangan kiri pada posisi pukul 9, kemudian tekuk sedikit. Posisi ini mampu membuat punggung kita lurus dengan sendirinya.

2. Letakkan bantalan kecil berukuran 30 cm x 30 cm di punggung bagian bawah untuk membuat tulang punggung dan posisi duduk kita menjadi nyaman dan sehat. Dengan memiliki postur duduk yang nyaman, kita sudah mengurangi satu faktor pemicu stres.

(Intan Sari Boenarco/Astrid Anastasia/Prevention Indonesia)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.