Makan Yogurt Tiap Hari, Penyakit Pergi

Kompas.com - 21/05/2010, 09:26 WIB
EditorAnna

Kompas.com - Para orangtua yang ingin menekan penyakit batuk, nyeri perut, atau infeksi pada anak-anak mereka, disarankan untuk memberikan yogurt yang kaya akan probiotik setiap hari.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup dalam makanan suplemen yang memiliki efek menguntungkan bagi tubuh dengan meningkatkan keseimbangan mikroorganisem dalam saluran cerna. Jika keseimbangan ini terganggu, bakteri jahat akan meningkat dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Suatu penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Georgetown University Medical Center terhadap 600 anak usia 3-6 tahun menunjukkan, strain bakteri baik Lactobasillus casei memiliki efek positif untuk menangkal berbagai penyakit infeksi.

Anak-anak dalam penelitian itu setiap hari diberikan yogurt yang mengandung bakteri baik selama tiga bulan. Pada akhir penelitian diketahui risiko terkena infeksi pencernaan 24 persen lebih rendah dan 18 persen lebih rendah yang mengalami infeksi saluran napas dibanding anak yang minum yogurt biasa.

Kendati demikian, penelitian ini tidak menjelaskan dengan detail bagaimana probiotik bekerja menangkal infeksi karena tidak dilakukan penelitian di laboratorium. Kesimpulan dibuat berdasarkan laporan dari para orangtua anak-anak itu.

Menanggapi hasil studi ini, Dr.Clifford Bassett, direktur medis Pusat Alergi dan Asma, New York, AS, mengatakan masih perlu dilakukan penelitian lanjutan. "Masih belum ada jaminan jika konsumsi probiotik pada dosis berbeda dan kelompok usia responden yang lain akan memberi hasil yang sama," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.