Minyak Ikan Baik untuk Gigi dan Kulit

Kompas.com - 21/05/2010, 20:17 WIB
Editordin

KOMPAS.com — Siapa bilang asam omega-3 hanya baik untuk kesehatan jantung? Studi dari Jepang menunjukkan adanya khasiat lain dari minyak ikan dalam kaitannya menjaga kesehatan mulut kita, yaitu sebagai pencegah radang gusi dan membasmi bakteri di dalam mulut. Minyak ikan memiliki bahan antiperadangan yang akan membantu kita dalam mencegah terjadinya masalah periodontal dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

Ini terbukti dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrition, di mana relawan yang mengonsumsi minyak ikan selama lima tahun akan jarang mengalami masalah pada gigi dan gusi. Para peneliti dari Jepang menemukan rendahnya asupan asam lemak esensial omega-3 (EFA) dan docosahexaenoic acid yang membuka kesempatan adanya perkembangan penyakit periodontal pada orang tua.

Terdapat jutaan jenis bakteri jahat di dalam mulut kita yang bisa berkontribusi dalam menyebabkan penyakit periodontal. Karena itu, jagalah kesehatan "gerbang" tubuh kita dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3.

Sementara itu, Journal of Lipid Research mengumumkan, eicosapentaenoic acid atau EPA yang ada di dalam asam omega-3 mampu menghadang produksi enzim yang "memakan" kolagen kulit. Setelah diteliti lebih lanjut, EPA dikategorikan sebagai antioksidan dan antiperadangan. Maka, setiap kali kulit kita terpapar sinar ultraviolet, EPA-lah yang akan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Mengingat sumber asam omega-3 hanya ada pada ikan makarel, salmon, dan tuna, maka suplemen yang banyak dijual di pasaran bisa menjadi pilihan. Asupan yang disarankan, menurut Doris Day MD, dermatologis dari NYU Medical School, adalah 180 miligram EPA dan 120 miligram DHA. Jumlah ini ideal untuk dikonsumsi, tiga kali sehari.

Khusus bagi Anda yang tengah mengandung, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menjadikan kapsul minyak ikan sebagai suplemen.

(Christina/Astrid Anastasia/Siagian Priska/Prevention Indonesia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.