Target MDGs, Dana Air Minum Kurang

Kompas.com - 31/05/2010, 17:21 WIB
Editorwah

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum mengaku pihaknya kekurangan dana penyediaan air minum ke seluruh Indonesia untuk mencapai target Millenium Development Goals (MDGs). Demikian yang disampaikan Direktur Jenderal Cipta Karya, Budi Yuwono.

"Di sektor air minum, dana APBN tinggal Rp 11,8 triliun sampai 15 tahun ke depan," ujarnya, Senin (31/5/2010), di Jakarta. Menurutnya, jumlah tersebut kurang untuk memenuhi penyediaan air minum di seluruh daerah di Indonesia.

"Maka dari itu, dana itu diprioritaskan untuk peningkatan akses air minum di daerah rawan air dan masyarakat berpenghasilan rendah," ujarnya.

Oleh karena itu pula, Budi meminta pihak pemda baik propinsi ataupun kota/kabupaten untuk bisa memberdayakan daerahnya sendiri, jangan terlalu bergantung dana APBN. "Cobalah daerah untuk menarik investor sendiri," ungkap Budi.

Sementara itu, Budi mengaku ada gap pencapaian target MDGs 2015 sebesar 15,87 persen. Gap uni diharapkan dapat dipenuhi oleh APBD, swasta, dan masyarakat.

Adapun, program pencapaian target MDGs bidang karya cipta yang disusun Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk periode 2010-2014 antara lain mencakup penyediaan air minum perkotaan di 820 IKK, 577 kawasan MBR/RSH/Rusuna, dan 100 kawasan khusus serta kegiatan penyediaan air minum pedesaan di 2.340 rawan air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.