Perlu Konsolidasi Data Pencapaian MDGs

Kompas.com - 31/05/2010, 18:16 WIB
Editorwah

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mencapai target Millenium Development Goals (MDGs) di bidang karya cipta, perlu adanya konsolidiasi program antarpelaku pembangunan. Dengan begitu, pemetaan data pencapaian pun dapat dilakukan. Demikian yang disampaikan Direktur Jenderal Cipta Karya, Budi Yuwono, dalam jumpa pers tadi siang.

"Selama ini pencapaian MDGs di bidang karya cipta dilakukan pusat, daerah, swasta, dan juga LSM. Namun, kita belum bisa memetakan pencapaiannya karena tidak ada konsolidasi," ungkapnya, Senin (31/5/2010), di Jakarta.

Oleh karena itu, langkah awal yang dilakukan Dirjen Cipta Karya adalah dengan menyelenggarakan rapat teknis regional secara maraton di empat wilayah di Indonesia. Rapat itu diikuti pemerintah daerah, baik provinsi maupun kota/kabupaten. Pada rapat tersebut ditargetkan akan menghasilkan sebiaj rencana tindak yang menjadi dasar semua pihak.

Isinya antara lain: 1) perbaharuan data, 2) rencana pencapaian target MDGs masing-masing kota/kabupaten, 3) langkah-langkah yang akan dilakukan. Adapun, dalam MDGs yang ditargetkan rampung pada tahun 2015, Dirjen Cipta Karya ditugasi untuk menanggulangi kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat, penyediaan air minum, dan sanitasi.

Untuk memenuhi tujuan tersebut, Dirjen Cipta Karya menargetkan kegiatan penyediaan air minum di perkotaan sebanyak 820 IKK, 577 kawasan MBR/RSH/Rusuna, dan 100 kawasan khusus serta penyediaan air minum pedesaan di 2.340 desa rawan air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.