Problem Rambut yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 02/06/2010, 16:13 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Rambut bercabang, gatal-gatal, ketombe, menipis dan lepek, itu adalah problem rambut yang biasa kita temui. Untuk mengatasinya pun, kita bisa menggunakan shampo khusus untuk rambut bermasalah yang banyak dijual di pasaran. Namun bila problem rambut ini tak juga membaik, Anda perlu waspada. Kemungkinan Anda tengah mengalami masalah kesehatan lain. Coba amati rambut Anda:

1. Serpihan kulit kepala. Anda boleh menyebutnya juga sebagai ketombe, namun serpihan ini lebih terlihat sebagai kulit kepala yang mengelupas. Ketombe seperti ini tidak selalu merupakan gejala suatu masalah kesehatan. Meskipun demikian, para pakar mengatakan bahwa kulit kepala yang selalu mengelupas bisa merupakan tanda pertumbuhan jamur, eksema, atau psoriasis. Untuk memastikan apakah serpihan atau sisik tersebut merupakan ketombe biasa atau psoriasis, berkonsultasilah dengan dokter kulit atau dermatologist.

2. Ketombe kuning. Ahli dermatologi biasanya menggambarkan hal ini sebagai ketombe yang berminyak, yang sering disebut sebagai  seborrheic dermatitis. Ini adalah kondisi kulit yang meradang, yang dapat terjadi ketika terdapat banyak kelenjar minyak seperti kulit kepala dan wajah, demikian menurut situs WebMD. Meskipun seborrheic dermatitis kerap dikaitkan dengan kondisi hormon, jamur, bahkan beberapa problem saraf, kondisi ini bisa diatasi dengan cara yang sama dengan ketombe, yaitu dengan shampo antiketombe. Jika berobat ke dokter, Anda mungkin akan diberi resep obat antijamur.

3. Rambut yang menipis dan lepek. Jika ini yang terjadi, Anda perlu mengamati kembali pola makan Anda. Rambut Anda bisa rontok jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang bergizi. Ketika stres, misalnya, kita cenderung makan makanan yang hanya menyenangkan lidah. Padahal seperti bagian tubuh Anda yang lain, rambut juga butuh zat besi, protein, seng, vitamin A, dan asam lemak Omega-3 agar tetap kuat dan berkilau.

4. Rontok. Rambut rontok, seperti disebut sebelumnya, bisa terjadi karena pola makan yang kurang baik. Tetapi, beberapa obat-obatan juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Beberapa di antaranya adalah obat-obatan antidepresan, pil KB, atau obat untuk mengatasi darah tinggi. Pastikan Anda sudah menanyakan kepada dokter apa efek samping dari obat-obatan ini ketika Anda diharuskan mengonsumsinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.