Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Problem Rambut yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 02/06/2010, 16:13 WIB

KOMPAS.com - Rambut bercabang, gatal-gatal, ketombe, menipis dan lepek, itu adalah problem rambut yang biasa kita temui. Untuk mengatasinya pun, kita bisa menggunakan shampo khusus untuk rambut bermasalah yang banyak dijual di pasaran. Namun bila problem rambut ini tak juga membaik, Anda perlu waspada. Kemungkinan Anda tengah mengalami masalah kesehatan lain. Coba amati rambut Anda:

1. Serpihan kulit kepala. Anda boleh menyebutnya juga sebagai ketombe, namun serpihan ini lebih terlihat sebagai kulit kepala yang mengelupas. Ketombe seperti ini tidak selalu merupakan gejala suatu masalah kesehatan. Meskipun demikian, para pakar mengatakan bahwa kulit kepala yang selalu mengelupas bisa merupakan tanda pertumbuhan jamur, eksema, atau psoriasis. Untuk memastikan apakah serpihan atau sisik tersebut merupakan ketombe biasa atau psoriasis, berkonsultasilah dengan dokter kulit atau dermatologist.

2. Ketombe kuning. Ahli dermatologi biasanya menggambarkan hal ini sebagai ketombe yang berminyak, yang sering disebut sebagai  seborrheic dermatitis. Ini adalah kondisi kulit yang meradang, yang dapat terjadi ketika terdapat banyak kelenjar minyak seperti kulit kepala dan wajah, demikian menurut situs WebMD. Meskipun seborrheic dermatitis kerap dikaitkan dengan kondisi hormon, jamur, bahkan beberapa problem saraf, kondisi ini bisa diatasi dengan cara yang sama dengan ketombe, yaitu dengan shampo antiketombe. Jika berobat ke dokter, Anda mungkin akan diberi resep obat antijamur.

3. Rambut yang menipis dan lepek. Jika ini yang terjadi, Anda perlu mengamati kembali pola makan Anda. Rambut Anda bisa rontok jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang bergizi. Ketika stres, misalnya, kita cenderung makan makanan yang hanya menyenangkan lidah. Padahal seperti bagian tubuh Anda yang lain, rambut juga butuh zat besi, protein, seng, vitamin A, dan asam lemak Omega-3 agar tetap kuat dan berkilau.

4. Rontok. Rambut rontok, seperti disebut sebelumnya, bisa terjadi karena pola makan yang kurang baik. Tetapi, beberapa obat-obatan juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Beberapa di antaranya adalah obat-obatan antidepresan, pil KB, atau obat untuk mengatasi darah tinggi. Pastikan Anda sudah menanyakan kepada dokter apa efek samping dari obat-obatan ini ketika Anda diharuskan mengonsumsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com