Yoboy yang Menghipnotis

Kompas.com - 04/06/2010, 02:30 WIB
EditorJodhi Yudono

SENTANI, KOMPAS.com--Kelompok tari tradisional dari Kampung Yoboy, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, akan menghipnotis pengunjung Festival Danau Sentani (FDS) ke tiga, dengan menampilkan buaya hidup.

"Kami kembali menampilkan atraksi bawa buaya hidup pada pelaksanaan FDS nanti," kata Koordinator Suling Tambur Kampung Yoboy, Sefnat Wally, kepada ANTARA News di Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura, Kamis.

Ia mengatakan, grup tari tradisional yang akan membawa buaya hidup adalah dari kaum perempuan dan laki-laki menggunakan pakaian tradisional dari kulit kayu dengan aksesoris dari tumbuh-tumbuhan.

Menurut dia, pihaknya saat ini tinggal menunggu permintaan dari panitia FDS seperti apa kemasan penampilan atraksi buaya hidup pada saat tampil nanti.

Dijelaskannya, seperti pada perhelatan FDS kedua tahun lalu atraksi buaya hidup yang dibawa dari Kampung Yoboy dengan menggunakan perahu diikat di atas kayu kemudian ditunggangi kepala suku dari kampung itu, diiringi tarian tradisional dan suling tambur sebagai ciri khas.

Kampung Yoboy akan menampilkan berbagai atraksi di antaranya suling tambur dengan lagu pilihan "Semafe Yebhey Folole" yang artinya perahu menembus teluk, pergelaran tari tradisional, kuliner, lomba dayung perahu putra putri dan lomba anyam rambut.

Dikatannya, dengan penampilan seperti ini selain mengangkat jati diri orang Papua serta memberikan nilai tambah bagi peningkatan ekonomi masyarakat di daerah ini, juga nama Papua dan Kabupaten Jayapura pada khususnya selalu harum di dunia parawisata.

"Jika masyarakat Sentani selalu memberikan yang terbaik pada setiap pelaksanaan FDS, pasti setiap wisatawan terus penasaran menunggu pelaksanaan FDS berikutnya," katanya.

FDS yang ketiga ini bertemakan "Loving Culture For Our Future - Cinta Budaya Untuk Masa Depan kami? akan dilaksanakan pada 19 Juni -23 Juni di Kalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, kurang lebih 3 Km dari pusat Kota Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura, dan dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dari Kota Jayapura.

Kabupaten Jayapura memiliki luas wilayah 17.516 Km2 dan telah memekarkan dua kabupaten baru yaitu Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Keerom. Berpenduduk 12.369 jiwa yang bermukim di 137 kampung. Luas Danau Sentani 110 Km2.Terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.