Manusia Akar Pilih Pengobatan Alternatif

Kompas.com - 07/06/2010, 14:12 WIB
EditorAsep Candra

BANDUNG, KOMPAS.com — Tim dokter RSHS Bandung yang menangani Dede "Manusia Akar" menyatakan tidak akan bertanggung jawab atas tindakan keluarga yang mencoba menyembuhkan Dede dengan pengobatan alternatif.

Kabar terakhir menyebutkan, karena kutil di badannya tidak kunjung sembuh, pihak keluarga mengolesi kutil Dede dengan minyak tanah dari Lampung dan sejenis tepung.

"Saya mendapatkan kabar bahwa Dede si 'manusia akar' menggunakan minyak tanah dari Lampung. Katanya itu obat tradisional. Kalau ada apa-apa dengan kesehatan dia, itu di luar tanggung jawab kami," kata anggota tim dokter RSHS Bandung, dr Rachmat, Senin (7/6/2010).

Ia menjelaskan, di dalam minyak tanah terkandung racun dan itu bisa membahayakan kesehatan Dede. Pihaknya menyayangkan sikap keluarga Dede yang memberikan obat sembarangan kepada Dede.

"Mungkin keluarga mendengar ada obat tradisional yang bisa menyembuhkan kutil Dede. Tetapi kami sangat menyayangkan sekali. Sebaiknya kalau mau pakai obat harus ada bukti medis. Sebaiknya jangan memakai obat sembarangan," ujar Rahmat.

Ia menyarankan agar keluarga Dede membawa Dede untuk kontrol ke RSHS. "Kalau memang obat salepnya habis, tinggal datang saja ke sini (RSHS Bandung). Dede juga bisa kontrol kapan saja ke RSHS tanpa harus menunggu telepon dari RSHS," katanya.

Operasi terakhir, atau yang ke-10, Dede "Manusia Akar" dilakukan pada bulan April 2010. Namun, seusai operasi tersebut, kutil di bagian tangan dan kaki Dede tumbuh kembali dan membuat pihak keluarganya memberikan obat tradisional berupa minyak tanah dari Lampung dan dibalur oleh tepung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.