Lebih Tenang Berkat Pijat

Kompas.com - 18/06/2010, 16:30 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Orang-orang yang punya kecenderungan untuk mudah gelisah, disarankan untuk melakukan terapi pijat secara rutin. Hasil riset yang dipublikasikan di jurnal Depression And Anxiety menyebutkan, tindakan ini mampu meredam gejala kegelisahan hingga setengahnya.

Studi itu dilakukan oleh para peneliti dari Group Health Research Institute. Mereka mengamati 68 pasien gangguan kecemasan umum (Generelized Anxiety Dissorder) yang menjalani pijat sebanyak 10 kali, selama tiga bulan.

Setiap sesi berlangsung selama 1 jam, di ruangan yang nyaman dan menenangkan. Para pasien dipijat oleh terapis bersertifikat. Menurut Karena J.Sherman PhD, salah seorang peneliti senior, terapi pijat memang telah lama dikenal sebagai metode penyembuhan alternatif komplementer yang cukup populer dan efektif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.