Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Kecukupan Kalsium Anak

Kompas.com - 26/06/2010, 12:01 WIB

Kompas.com - Kalsium adalah mineral yang sangat dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan tulang. Konsumsi sumber kalsium perlu ditingkatkan pada masa pertumbuhan, remaja, kehamilan, dan menyusui.

Menurut dr.Rifan Fauzie, Sp.A, anak dengan asupan kalsium yang cukup akan melewati masa pembentukan tulang dengan baik. "Pada anak, mereka perlu kalsium karena perlu kondisi yang sehat untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari," katanya.

Tengkurap, duduk, berjalan, berlari, dan bermain memerlukan kondisi yang sehat. "Kadar kalsium yang normal akan membuat pertumbuhan organ dan aktivitas anak lebih optimal," kata dokter dari RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta ini.

Sebanyak 99 persen kandungan kalsium di dalam tubuh berada di tulang. Karena itu pertumbuhan tulang amat sensitif terhadap kandungan kalsium dalam tubuh secara keseluruhan.

Tulang merupakan sebuah jaringan yang hidup. Saat manusia beranjak dewasa, tulang memang berhenti tumbuh, tetapi akanselalu aktif. Jaringan tulang senantiasa berubah bentuk. Maksudnya, jaringan tersebut dapat rusak dan juga dapat tumbuh kembali.

Tanpa nutrisi yang tepat, proses pembentukan kembali akan lambat sehingga jaringan dalam tulang akan semakin menipis. Tulang pun menjadi lemah dari waktu ke waktu. Kekurangan kalsium mengakibatkan tulang dan gigi rapuh dan lemah, sehingga mudah retak dan patah.

Sumber kalsium terbaik adalah susu dan produk olahannya, seperti keju atau es krim. Kalsium juga bisa ditemukan pada jeruk, sardin, teri, kerang dan kacang kedelai.     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com