Awas, Diet Ketat Sebabkan Tulang Rapuh

Kompas.com - 28/06/2010, 11:02 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Aktris Gywneth Paltrow mengakui, ia divonis menderita osteopenia (tulang rapuh) akibat diet ketat yang dilakukannya. Sebagai aktris, ia memang dituntut untuk menjaga berat badannya tetap ideal. Sebenarnya apakah osteopenia itu dan bagaimana bahayanya?

Osteopenia adalah istilah untuk menggambarkan kondisi berkurangnya kepadatan tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan tak sekuat tulang yang normal. Akan tetapi, osteopenia tidak seburuk osteoporosis.

Meski demikian, osteopenia perlu mendapat perhatian serius karena ini adalah lampu kuning yang akan berlanjut pada osteoporosis. Pada umumnya, osteoporosis lebih banyak terjadi pada wanita usia lanjut.

Pada awalnya osteopenia tidak bergejala. Ada kalanya osteopenia baru diketahui setelah adanya fraktur tulang. Selain itu, biasanya kondisi ini baru diketahui setelah dilakukan pemindaian kepadatan tulang yang tidak menyakitkan dan sederhana. Pemeriksaan dilakukan pada tulang belakang, panggul, atau pergelangan tangan.

Mereka yang mengalami kekurangan kalsium, mengonsumsi obat-obatan golongan kartikosteroid, merokok, kurang olahraga, serta adanya gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, lebih berisiko mengalami tulang rapuh. Wanita lebih banyak menderita osteoporosis dibanding pria.

Olahraga secara teratur juga akan mencegah tulang rapuh. Penelitian menunjukkan, wanita yang berolahraga secara teratur mengalami kenaikan mencolok pada kadar kalsium total dalam tubuhnya.

Olahraga sebaiknya dilakukan sejak muda. Latihan yang baik antara lain jalan kaki, angkat beban dengan dumbel kecil ditekankan pada pinggul, paha, punggung, lengan, dan bahu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.