Jumlah Sperma Kurang dari 2 Juta, Sulit Hamil?

Kompas.com - 01/07/2010, 09:24 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Meski sudah menikah 1,5 tahun seorang ibu belum juga bisa hamil. Berdasarkan pemeriksaan, tidak ada masalah dengan organ reproduksinya. Namun, pemeriksaan terhadap suami menunjukkan sperma suami hanya mencapai 2 juta sehingga sulit mendapat keturunan. Benarkah demikian?

Proses pembuahan hanya terjadi atas izin Yang Maha Kuasa dan pada pasangan yang normal atau sehat. Sperma normal harus memenuhi kriteria WHO, yaitu jumlah normal, bentuk normal, motilitas normal, tidak ada penggumpalan (aglutinasi), dan tidak ada infeksi.

Penentuan peluang kehamilan harus berdasarkan pemeriksaan secara menyeluruh. Konsultasikan dengan dokter kandungan yang bertugas di Fakultas Kedokteran atau RS Pendidikan di Divisi Kesehatan Reproduksi Endokrinologi.

Bila ada kelainan, harus ditangani oleh spesialis andrologi (misal, dengan terapi hormonal) atau harus dilakukan pembedahan oleh spesialis bedah urologi bila ditemukan varikokel (varises) pada saluran sperma. Bila kelainan sperma tidak bisa diperbaiki, mungkin perlu dilakukan inseminasi buatan atau bahkan bayi tabung.

Pemeriksaan terhadap istri juga harus dilakukan secara menyeluruh, dari kesehatan umum hingga pemeriksaan khusus kesuburan, seperti HSG, analisis hormonal, pemeriksaan USG transvaginal (pemantauan ketebalan selaput lendir rahim dan korelasinya dengan diameter sel telur, dan sebagainya), serta penghitungan prakiraan masa subur.

Hindari rokok, kegemukan, dan stres berlebih. Kemudian makanlah tablet asam folat, minimal 800 mikrogram per hari.

Narasumber: Dr Judi Januadi Endjun, SpOG, Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.