Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyambut Hangat Hadirnya Liburan

Kompas.com - 08/07/2010, 15:41 WIB

KOMPAS.com — Kurun waktu ini merupakan momen tepat untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Di kala anak-anak sedang menikmati liburan sekolahnya, lalu orangtua mengambil cuti, wah, tentu momen ini tidak akan disia-siakan untuk diisi kegiatan menarik.

Namun, berlibur tanpa perencanaan tepat bisa mengubah momen menyenangkan menjadi "menyengsarakan" buah hati Anda. Oleh karena itu, rencanakanlah dengan matang.

Misalnya saja, sebelum memutuskan melangkahkan kaki di pegunungan atau menikmati debur ombak, ada beberapa tip berlibur yang bisa disimak, antara lain:
Buatlah perencanaan satu bulan sebelumnya. Tujuannya untuk memberi tenggang waktu mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk memperpanjang atau membuat paspor dan visa, dan membeli tiket akomodasi. Bahkan, Anda perlu waktu untuk mempersiapkan kendaraan yang layak dipakai untuk perjalanan jauh, jika berencana berlibur dengan kendaraan pribadi.

Kemudian jika Anda bersama keluarga berencana pergi ke destinasi wisata luar negeri, pastikan Anda mendapatkan informasi aktual berkaitan dengan cuaca dan musim yang sedang terjadi. Info ini amat membantu untuk mendapatkan obyek wisata yang akan dipilih. Misalnya, ketika bunga sakura sedang bermekaran, silakan menentukan Jepang sebagai destinasi. Atau bila tinggi ombak sedang bersahabat, Anda bisa menikmati indahnya Pantai Kuta Bali. Selain itu, dengan mengetahui musim yang sedang terjadi, Anda bersama si kecil dapat menyiapkan pakaian yang sesuai dengan musimnya dan mempersiapkan kesehatan dengan maksimal.

Langkah selanjutnya ialah menentukan tujuan wisata. Ada banyak pilihan yang dapat dicari, mulai dari wisata sejarah, alam, budaya, belanja, edukatif, atau mengunjungi tempat-tempat hiburan keluarga. Berbagai jenis wisata itu pun bisa dimodifikasi sehingga dalam sekali perjalanan bisa mencicipi banyak tempat dan kegiatan.

Pastikan juga dengan mengukur banyaknya destinasi sesuai waktu yang Anda sekeluarga miliki. Untuk memudahkan perjalanan, Anda dapat menggunakan jasa biro perjalanan sebagai alternatif.

Terakhir, saat bepergian, sempatkan untuk mengajak anak ke tempat wisata edukatif, misalnya, bisa diajak ke berbagai tempat unik, kaya sejarah, mengikuti workshop sains, atau pergi ke museum ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan, Anda dapat mengajaknya mengunjungi sekolah-sekolah terkenal dan bersejarah di kota tersebut. Selamat berlibur!

(AJG/Kompas Klasika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com