Inilah Problem Gigi Paling "Nge-tren"

Kompas.com - 08/07/2010, 16:32 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Gigi berlubang dan napas tidak segar merupakan jenis permasalahan utama gigi dan mulut yang paling sering ditemui para dokter gigi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Masalah gigi lainnya adalah noda pada gigi, email gigi lemah, pembengkakan gusi, penumpukan plak, penumpukan tartar, sera permasalahan bakteri.

Demikian menurut hasil survei yang dilakukan Pepsodent kepada para dokter gigi di Perancis dan Yunani. Di Indonesia, menurut drg.Arma Sastra Bahar, masalah gigi dan mulut lebih banyak terjadi akibat masyarakat tidak menganggap masalah gigi sebagai hal yang serius.

"Mereka tahu penyebabnya dan tahu cara pencegahannya tapi tidak dilakukan," katanya.

Masyarakat juga belum terbiasa memeriksakan giginya bila tidak ada keluhan. "Misalnya radang gusi yang sangat banyak terjadi. Seringkali orang tidak menyadari karena penyakit ini tidak memberikan rasa sakit," kata ahli kedokteran gigi pencegahan dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia ini.

Awalnya, radang gusi terjadi karena penumpukkan plak, kemudian menjadi tempat berkembang biak kuman sehingga mengiritasi gusi dan terjadi infeksi. Gigi lalu bengkak, mudah berdarah, kadang sakit dan akhirnya goyang bahkan lepas.

Tindakan pencegahan masalah gigi dan mulut sebenarnya sederhana, yakni menyikat gigi dengan sempura dua kali sehari dengan pasta gigi yang membantu perlindungan maksimum pada gigi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.