Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelawan Penuaan Bukan Cuma Antioksidan

Kompas.com - 13/07/2010, 10:45 WIB

Kompas.com - Tak terhitung banyaknya suplemen hingga kosmetik yang mengandung antioksidan yang diiklankan sejak hipotesis antioksidan efektif menghambat radikal bebas dan memperlambat penuaan. Dalam studi terbaru terungkap bahwa kaitan antioksidan dan penuaan tidak sesederhana itu.

Dalam riset yang dipublikasikan dalam jurnal Genetics, disajikan bukti bahwa cacing gelang dengan mutasi genetik yang metabolismenya diperlambat bisa hidup lebih panjang dibanding dengan cacing gelang tanpa mutasi. Padahal cacing gelang dengan mutasi genetik itu tidak mendapat perlindungan dari radikal bebas.

Pakar genetik molekuler Siegfried Hekimi berpendapat, kecepatan hidup mungkin lebih penting daripada kerusakan akibat radikal bebas. "Untuk panjang umur kita tak butuh jumlah radikal bebas yang rendah," kata Hekimi.

Radikal bebas adalah molekul sebagai bahan yang dihasilkan selama terjadi metabolisme seluler normal. Radikal bebas tidak hanya berkaitan dengan proses penuaan, melainkan juga dengan penyakit yang berhubungan dengan usia lanjut, misalnya penyakit parkinson atau Alzheimer.

Meskipun hasil penelitian pada hewan percobaan yang dilakukan Hekimi menunjukan antioksidan tidak banyak perngaruh pada rentang usia, namun ia tidak menyarankan konsumsen untuk takut mengonsumsi antioksidan.

"Radikal bebas mungkin masih ada kaitannya dengan penuaan namun dalam  cara yang lebih kompleks. Apalagi berbagai penelitian menunjukkan pengaruh antioksidan dalam menghambat kerusakan antioksidan," kata Siu Sylvia Lee, ahli genetik yang tidak terlibat dalam penelitian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com