Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Sugar Free Aman Untuk Gula Darah?

Kompas.com - 21/07/2010, 11:02 WIB

Kompas.com - Produk makanan yang diberi label bebas gula (sugar free) seharusnya memang tidak memberi efek pada kadar gula darah. Tapi ada kalanya produk yang menggunakan pemanis buatan itu justru meningkatkan kadar gula darah.

Mayoritas pemanis buatan, seperti sakarin, aspartam dan siklamat, memiliki tingkat kemanisan seperti gula namun tanpa memberi tambahan kalori. Pemanis buatan ini juga tidak mengandung karbohidrat sehingga tidak akan memberi pengaruh pada gula darah. Akan tetapi yang perlu diwaspadai adalah beberapa produk yang memasang label sugar free namun mereka menggunakan gula alkohol sebagai pengganti gula.

Gula alkohol atau sorbitol diperoleh dari reduksi glukosa, mengubah gugus aldehid menjadi gugus hirdoksil, sehingga dinamakan gula alkohol. Sorbitol banyak dipakai dalam berbagai produk "bebas gula" seperti permen karet, kue-kue kering, cokelat, dan juga produk obat kumur (mouthwash).

Untuk mereka yang sedang menjaga kadar gula darahnya, produk dengan embel-embel sugar free itu bisa menimbulkan salah paham. Pasalnya, meskipun gula alkohol mengandung kalori lebih sedikit, yakni 1,5-3 kalori per gram, sedangkan gula mengandung 4 kalori per gram, namun jumlah kalori tersebut masih bisa meningkatkan kadar gula darah.

Para ahli menyebutkan, gula alkohol bisa dikategorikan seperti karbohidrat karena hampir seluruh gula alkohol akan dicerna tubuh.

Salah satu cara untuk mengenali jenis pemanis buatan dalam sebuah produk adalah dengan membaca label produk. Jika dalam label terdapat kandungan yang berakhiran dengan "-ol", seperti sorbitol, maltitol dan xylitol, berarti produk itu menggunakan gula alkohol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com