Potensi Vegan Jantungan Hanya 14 Persen

Kompas.com - 31/07/2010, 07:38 WIB
EditorMarcus Suprihadi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Seorang vegan (vegetarian) yang tidak mengonsumsi daging, telur, dan susu hanya punya risiko terserang penyakit jantung koroner (PJK) 14 persen. Jauh dibandingkan risiko PJK pada mereka yang masih menyantap daging, yakni 50 persen.

Sementara yang makan daging plus merokok, potensinya 70 persen. Mereka yang tidak makan daging tetapi masih menyantap susu dan telur (vegetarian lakto-ovo), potensi terkena PJK sebesar 39 persen.

Susianto, Koordinator International Vegetarian Union (IVU) Asia Pacific, menyarikan dari Jurnal of Cardiologi tahun 2009, Jumat (30/7/2010). Jurnal kesehatan ini isinya sangat ilmiah dan menjadi acuan instansi kesehatan di dunia.

Susianto mengatakan hal itu dalam Seminar Pola Pengaturan Diet Vegan pada Penyakit Tertentu, Jumat. Seminar yang diselenggarakan Indonesia Vegetarian Society (IVS) di RS Panti Rapih Yogyakarta ini dihadiri puluhan dokter dan tenaga kesehatan rumah sakit tersebut.

Susianto melanjutkan, vegetarian lakto-ovo hanya selisih tipis potensi terkena PJK dibanding mereka yang masih makan daging karena telur dan susu tetap produk hewani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.