Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini

Kompas.com - 09/08/2010, 07:47 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap kematian akibat hipotermia. Namun 16 persen kematian bayi dapat dicegah melalui pemberian ASI pada sejak hari pertama dilahirkan. Angka ini naik menjadi 22 persen jika pemberian ASI dimulai satu jam setelah kelahiran atau dikenal dengan istilah inisiasi menyusui dini (IMD).

"Jika melakukan inisiasi menyusui dini, maka risiko kematian bayi berkurang karena dengan meletakkan bayi pada dada ibu dapat mengurangi risiko kedinginan atau hipotermia. Di mana, bisa meningkatkan suhu tubuh pada bayi yang menjadikan angka kematian bayi menurun," ungkap konselor laktasi, dr Galih Linggar Astu di sela acara Breastfeeding Gives A Lives, Sabtu (07/08/10).

Proses IMD dimulai dengan melekatkan bayi ke ibunya segera setelah bayinya lahir. Jangka waktunya ialah satu jam karena si bayi butuh beradaptasi dengan lingkungan setelah keluar dari rahim. Dimulai dengan diam atau siaga selama 30 menit, setelah itu si bayi akan mulai bergerak mencari payudara ibu.

IMD sendiri menurut  Galih sudah mulai menggantikan prosedur memandikan bayi setelah bayi dilahirkan.  "Kita tidak lagi memandikan namun, hanya mengeringkan kemudian melekatkan langsung pada dada ibunya. Karena ibu berfungsi sebagai inkubator alami," kata Galih.

Bagian yang dikeringkan pun hanya tubuh si bayi saja. "Memang kita biasanya tidak menghilangkan lemak di tangan karena lemak yang ada di telapak tangan bayi baunya sama dengan bau payudara ibu. Jadi dengan lemak itu ia (si bayi) akan  mudah  mencari puting susu ibunya," kata Galih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.