Jogging di Ruang Terbuka Bikin Lebih Enerjik

Kompas.com - 11/08/2010, 08:51 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Berolahraga di gym memang praktis. Dengan mengunjungi satu tempat saja, Anda bisa melakukan berbagai jenis latihan. Dari latihan kardio, latihan kekuatan, hingga berbagai pilihan group exercise.

Tetapi, ada kalanya latihan kardio yang dilakukan dengan menggunakan treadmill, elliptical machine, atau stepper, bisa sangat membosankan. Sebab, Anda melakukan gerakan yang sama di ruang tertutup (paling-paling hanya ditemani layar TV). Karena itu, bila Anda tidak sekadar ingin meningkatkan kadar energi, tetapi juga memperbaiki mood, sebaiknya tidak berolahraga di gym.

Menurut sebuah penelitian terbaru, berjalan atau lari di ruang terbuka akan lebih baik untuk tubuh dan pikiran. Mereka yang membakar kalori dengan jogging di taman juga akan merasa lebih bahagia daripada mereka yang latihan di gym. Anda juga akan merasa lebih energik, bahkan lebih mudah berkonsentrasi saat bekerja.

Keuntungan ini bisa diperoleh, karena ketika berada di tempat terbuka, kita dikelilingi oleh alam yang mendorong pikiran untuk rileks. Perasaan berhasil melarikan diri dari rutinitas juga membantu melawan mood yang buruk (jangan lupa, jogging di Stadion Senayan atau di jogging track kompleks perumahan juga bisa menghemat budget untuk nge-gym).

Hasil penelitian ini diperoleh setelah menyimak kembali 25 studi yang membandingkan antara manfaat latihan dalam lingkungan alami dan di lingkungan "buatan", seperti pusat kebugaran. Seperti dilaporkan oleh jurnal BMC Public Health, latihan di luar ruangan juga lebih baik dalam mengurangi rasa marah, kelelahan, dan kesedihan, daripada latihan di dalam ruangan. Meskipun demikian, tidak ditemukan bukti bahwa latihan di luar ruangan akan mendorong sistem kekebalan yang lebih baik, dan tekanan darah yang normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.