Kehitaman di Seputar Daerah V

Kompas.com - 20/08/2010, 16:05 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com Saya ingin melangsungkan pernikahan sebentar lagi. Tetapi, saya mempunyai masalah di seputar daerah V. Kenapa ya, kulit di daerah selangkangan saya berwarna kehitaman? Apakah karena gesekan dari pembalut saat haid? - Rini, Jakarta.

Berikut penjelasan dari dr Trifena, praktisi aesthetic dan antiaging medicine:
Warna gelap di area tertentu pada tubuh kita terjadi karena faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik adalah karena distribusi melanosit (sel pigmen) yang Tuhan ciptakan secara unik di area tertentu, seperti area genital, selangkangan, dan ketiak. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah akibat pengaruh gesekan di area tersebut. Gesekan itu terjadi karena beberapa hal, antara lain, gesekan pakaian dalam yang kita kenakan dan efek samping garukan. Selain itu, ada juga tindakan estetik yang kita pikir dapat membantu menangani masalah, tetapi yang terjadi adalah sebaliknya. Misalnya, penggunaan scrub atau lulur, gesekan alat pencukur (shaver), dan penggunaan deodoran yang dioleskan.

Karena itu, untuk mengatasi warna gelap di area tertentu, kita harus memerhatikan faktor-faktor di atas. Warna gelap di area V tidak dapat dihilangkan (karena faktor intrinsik), tetapi dapat dikurangi. Tips praktisnya adalah jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat, gunakan bahan pakaian yang halus dan lembut, dan jangan menggaruk. Kosmetik yang dapat kita gunakan adalah kosmetik yang mengandung zat eksfoliatif seperti alfa hidroksi acid (asam buah-buahan) dengan konsentrasi ringan, dan whitening agent (konsultasikan pada dokter Anda) karena kosmetik seperti ini bila tidak tepat, memiliki efek samping iritatif yang dapat memicu hiperpigmentasi sehingga area yang kita rawat malah terlihat lebih hitam (post inflamatory hiperpigmentation). Juga batasi kebiasaan mencukur dengan alat cukur (shaver) yang digesekkan dan hindari faktor ekstrinsik akibat gesekan pemakaian produk seperti lulur/scrub dan deodoran di area tersebut.

(Tabloid Nova)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.