Awas, Garam Tersembunyi

Kompas.com - 27/08/2010, 11:05 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Sebenarnya sodium atau garam berperan penting dalam mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh. Sodium juga diperlukan agar otot dan saraf berfungsi optimal, meski bila dikonsumsi berlebihan akan berefek buruk bagi kesehatan.

Panduan dari FDA, asupan sodium kurang dari 2.400 mg per hari. Jumlah ini setara dengan satu sendok teh garam meja. Untuk membatasi asupan garam, cermati berbagai makanan yang "menyimpan" garam dengan kadar cukup besar.

1. Makanan beku Makanan beku biasanya padat sodium. Guna memastikan, baca labelnya terlebih dahulu.

2. Sayuran kaleng Biasanya mengandung bahan pengawet atau saus dan penambah rasa, yang tentu saja menambah sodium. Satu cangkir jagung dengan krim dalam kaleng mengandung setidaknya 730 mg sodium. Bila Anda tetap ingin menggunakan sayuran kaleng, cuci terlebih dulu atau beli sayuran kaleng tanpa garam.

3. Sup kaleng Sup kaleng atau siap masak biasanya padat sodium. Satu cangkir sup mi ayam kaleng mengandung sekitar 1.106 mg sodium.

4. Kacang goreng Kacang tanah goreng sudah menjadi kudapan sehari-hari. Sayangnya kacang goreng ini biasanya ditambahkan garam. Daripada digoreng dan ditambahi garam, lebih baik direbus saja.

5. Kurangi kudapan Sejumlah kudapan mengandung sodium. Keripik kentang, misalnya, mengandung 149 mg dalam setiap 28 gramnya.

6. Perhatikan nama lainnya Saat membaca label makanan, jangan hanya mencari kata garam. Nama lain untuk garam adalah sodium, sodium alginat, sodium askorbat, sodium benzoat, disodium fosfat, monosodium glutamat, natrium.

7. Bahan perendam saus Saus teriyaki tergolong tinggi sodium. Satu sendok makan saus teriyaki setidaknya mengandung 690 mg soidum. Saus juga mengandung sodium. Satu sendok makan saus mengandung 179 mg sodium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.