Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelainan pada Janin, Harus Bagaimana?

Kompas.com - 31/08/2010, 08:07 WIB

TANYA : Dr. Achmad Mediana, SpOG yang baik. Saya sedang mengandung 25 minggu. Kemarin ketika menjalani USG, dan ternyata ditemukan kelainan pada janin saya, namanya ventrikulomegali lebarnya 1.12 cm. Terus terang saya asing dengan istilah itu.

Kata dokter tempat saya konsultasi, hal tersebut terkait toksoplasma... Saya langsung stres dok.. Saya juga sudah cek ke rumah sakit lain untuk second opinion, ternyata memang ada pelebaran di sebelah kanan sekitar 1.03 cm dan saya disarankan untuk cek darah lagi... Saya bingung dan tak tahu. Apa yang harus dilakukan Dok?

(Dhina Ahmad 26)

JAWAB : Iya Ibu. Pasti ibu stres. Menurut saya, sebaiknya ibu tenang saja. Banyak penyebab dari ventrikulomegali. Dan juga harus ditentukan apakah kelainannya tunggal atau ada yang lain, sehingga merupakan sindrom.

Untuk lebih lanjut, ada baiknya ibu melakukan pemeriksaan lagi ke bagian Fetmaternal Rumah Sakit CiptoMangunkusumo (RSCM). Saya juga tidak keberatan untuk menjelaskannya langsung sama ibu. Ok. Sabar ya. Pasti ada jalan keluarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com